Luncurkan BLINK, Pengurusan IPH dan UWT Kini Semakin Mudah
Jumat, 10/08/2018 21:47:51
Peluncuran BLINK ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo bersama Karobinopsnal Baharkam Polri Brigjen Pol Eddy S Tambunan, Deputi Bidang Pengendalian Penanaman Modal BKPM, Azhar Lubis, perwakilan pengusaha, dan Polda Kepri di Swissbell Hotel, Harbour Bay, Kota Batam, Kamis (9/8/2018). (Foto: Kabarbatam.com)

BATAM, KABARBATAM.com- Badan Pengusahaan (BP) Batam meluncurkan BP Batam Layanan Keliling (BLINK), yakni  pengoperasian dua kendaraan yang secara khusus melayani pengurusan Izin Peralihan Hak (IPH) dan perpanjangan Uang Wajib Tahunan (UWT) langsung ke area pemukiman warga.

Peluncuran BLINK ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo bersama Karobinopsnal Baharkam Polri Brigjen Pol Eddy S Tambunan, Deputi Bidang Pengendalian Penanaman Modal BKPM, Azhar Lubis, perwakilan pengusaha, dan Polda Kepri di Swissbell Hotel, Harbour Bay, Kota Batam, Kamis (9/8/2018).

Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo mengatakan, peluncuran BLINK merupakan pelayanan terbaru dari BP Batam  
dalam hal pengurusan legalitas kepemilikan rumah warga. Lukita mengatakan, dari situ ada dampak penerimaan, untuk IPH dan UWT. "Namun berapa besarannya, belum dapat kita perhitungkan," ujar Lukita.

Harapannya peluncuran BLINK disambut baik oleh masyarakat karena akan semakin memudahkan masyarakat mengurus IPH dan UWT. Dengan begitu, sambung Lukita, masyarakat juga bisa mengurus langsung dan bertanya kepada petugas BP Batam. 

"Mengenai tarifnya juga bisa ditanyakan langsung kepada petugas BLINK. Pelayanannya tentu semakin mudah karena kami mendatangi langsung warga. Ini salah satu inovasi yang dilakukan BP Batam dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Batam," ujarnya. 

Anggota 5/Deputi Bidang Pelayanan Umum BP Batam Bambang Purwanto menambahkan, BP Batam Layanan Keliling (BLINK) akan mulai beroperasi tiga kali dalam seminggu, yaitu Senin, Rabu, dan Jumat. Kedua kendaraan dioperasikan langsung menuju ke pemukiman warga. 

"Kami menjemput bola, secara bersamaan kedua kendaraan BLINK ini mendatangi wilayah yang berdekatan langsung dengan pemukiman warga. Ada 14 petugas yang siap melayani warga. Mereka dibagi dalam dua tim. Satu tim terdapat tujuh petugas, masing-masing melayani pengurusan IPH dan perpanjangan UWT," ungkapnya. 

Tahap awal, pelayanan dimulai Senin, 13 Agustus mendatang. Daerah pertama yang dilayani berada di wilayah RW06, Kelurahan Baloi, Kecamatan Lubukbaja. Mencakup; Perumahan Anggrek Permai Residence, Perum Anggrek Permai, Perum Garden Point, Perum Baloi Paradise, Perum Baloi Mas Permai, Perum Baloi View dan Perum Krisya Residence. Terdapat 650 warga di wilayah RW ini. 

Pada pekan berikutnya, BLINK akan menjangkau warga di RW04 Kelurahan Taman Baloi, Kecamatan Batam Kota. Ada sekitar 750 kepala keluarga (KK) yang akan dilayani. Mencakup Perum Orchid Park dan Perum Kembang Sari.

Pekan ketiga, dua kendaraan BLINK akan bergerak menuju RW05 Kelurahan Sei Jodoh, Kecamatan Batuampar. Ada lebih kurang 400 KK di wilayah ini. Mencakup; Perum Happy Valley Garden, Perum Sumber Agung, Perum Angkasa Utama, Perum Bumi Sarana, Orchid Point dan Jodoh Permai.

"Kami siap melayani warga. Misalkan nanti kami berada di Baloi, warga dari daerah lain, seperti dari Tiban juga akan kami layani. Untuk di awal-awal pengoperasiannya mungkin ada kendala. Kami jalan dulu. Bila terdapat kekurangan, tentu akan kami perbaiki," pungkasnya. (war)


Editor  : Anwar
Tags
   
   bp-batam
BP BATAM
TANJUNGPINANG, KABARBATAM.com- Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Lukita Dinarsyah Tuwo bersama Direktur Pengembangan Manajemen Kinerja Purnomo Andiantono dan Direktur Politehnik Negeri Batam ..
KEPRI
TANJUNGPINANG, KABARBATAM.com- Guna menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2019, seluruh stakeholders melaksanakan Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2019, di Lapangan Pamedan Kota Tanjungpinang, ..