Anugerah Luar Biasa, Kampung Kami di Sijantung Kini Teraliri Listrik 24 Jam
Selasa, 14/08/2018 21:16:56
General Manager (GM) Service Bussiness Unit PLN Batam, Fransis Al Zauhari saat meresmikan penyambungan listrik di salah satu rumah warga Kel Sijantung, Galang, Kota Batam, Selasa (14/8/2018).

BATAM, KABARBATAM.com- Masyarakat Kelurahan Sijantung, Kecamatan Galang, Kota Batam menyambut gembira penyambungan listrik bright PLN Batam di wilayah tersebut. Masyarakat bersuka cita karena kampung mereka akhirnya terang benderang setelah lebih dari 20 tahun tak menikmati listrik 24 jam. 

"Kami benar-benar sangat berterima kasih kepada PLN Batam. Ini anugerah luar biasa yang kami rasakan. Setelah puluhan tahun kampung kami gelap, akhirnya kini teralisi listrik selama 24 jam," ujar Soni (43), warga Sijantung saat ditemui di Kantor Lurah Sijantung, Selasa (14/8/2018). 

Soni bersama ratusan kepala keluarga (KK) di Kelurahan Sijantung mengucap syukur karena daerahnya kini bisa terang benderang. Selama ini, kata dia, warga menikmati listrik sekitar enam jam dari pukul 18.00-24.00 WIB. Sumber listrik dialirkan oleh BP Batam, yang dulunya bernama Otorita Batam. 

"Kami hanya menikmati listrik sekitar enam jam. Mulai sore, pukul 18.00 sampai Pukul 24.00 malam. Selebihnya listrik sudah padam. Kehadiran listrik PLN Batam sangat membantu kami. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada bright PLN Batam," ujar Soni. 

Rohimah (45) warga lainnya juga mengaku senang dengan adanya penyambungan listrik di Kelurahan Sijantung. Kehadiran listrik PLN Batam, kata Rohimah, membuat warga terutama ibu-ibu bisa berusaha mencari penghasilan tambahan untuk menghidupi keluarga. 

"Kami bisa buka usaha, misalnya jualan kue, jualan es, atau usaha lainnya," ujar Rohimah. Dia mengaku, selama tinggal di Sijantung sejak tahun 1973, warga di daerah tersebut belum pernah merasakan listrik menyala 24 jam. Awal-awal tinggal di daerah itu, warga hanya menggunakan lampu pelita. 

"Masuknya Otorita Batam (kini BP Batam), kampung kami mulai teraliri listrik. Namun hanya enam jam, dari pukul 18.00 hingga 24.00 WIB. Sekarang, alhamdullillah rumah kami teraliri listrik selama 24 jam. Terima kasih PLN Batam," ujarnya.  

Lurah Sijantung, Danang Prilasandi, juga tak bisa menyembunyikan perasaan gembiranya. Ia juga mengucap syukur karena setelah puluhan tahun masyarakat Sijantung akhirnya bisa menikmati listrik PLN Batam. "Terima kasih kepada PLN Batam yang telah memberikan program penyambungan listrik ke daerah kami. Ini yang kami tunggu-tunggu selama ini," ujarnya. 

Danang menuturkan, sebanyak 160 kepala keluarga (KK) telah mengajukan penyambungan listrik dari total 200 KK yang bermukim di kampung tersebut. Dan alhamdulillah sekitar 90 KK telah menerima penyambungan listrik PLN Batam. 

"Mudah-mudahan ke depan seluruh rumah di wilayah ini teraliri listrik. Kami dari Pemerintah Kota Batam menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas perhatian dan pelayanan yang diberikan PLN Batam kepada warga kami," ujarnya.  

General Manager Service Bussiness Unit PLN Batam, Fransis Al Zauhari, mengatakan bahwa penyambungan listrik ke Kelurahan Sijantung adalah wujud kepedulian dan tanggung jawab PLN Batam dalam rangka meningkatkan rasio elektrifikasi di wilayah Batam, termasuk wilayah kepulauan. 

"Ke depan rasio elektrifikasi akan terus kami tingkatkan agar masyarakat Batam seluruhnya dapat terjangkau listrik PLN Batam.  Tak hanya di Batam, tetapi juga di wilayah pesisir dan pulau-pulau sekitarnya," ujarnya. 

Harapannya dengan penyambungan listrik di Kelurahan Sijantung, sambung Fransis, agar masyarakat dapat memanfaatkan dengan sebaik mungkin listrik PLN Batam. "Kalau malam dan lampu sudah tidak digunakan lagi sebaiknya dimatikan, dan bayar listrik tepat waktu sebelum tanggal 20 supaya alirannya tidak diputus," ujarnya. 

Fransis juga mengingatkan masyarakat agar tidak menggunakan listrik secara ilegal. "Sanksinya, tentu tagihan susulannya sangat mahal, setara rekening bulanan selama 3 tahun," pungkasnya. Hadir dalam kegiatan penyambungan listrik di Kelurahan Sijantung, antara lain; Direktur Bisnis dan Pengembangan Bright PLN Batam, Buyung Abdul Zalal,Kepala Departemen Komersil PLN Batam Solider Sinaga, Manager Public of Relations PLN Batam Bukti Panggabean, dan beberapa pejabat di lingkungan bright PLN Batam. (war)


Editor  : Anwar
Tags
   
   metropolitan-
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Badan Pengusahaan (BP) Batam memberikan penghargaan dan apresiasi kepada perusahaan PMA yang telah berkonstribusi dalam membangun dan memajukan perekonomian ..
KEPRI
BATAM, KABARBATAM.com- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution meresmikan beroperasinya KEK Galang Batang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu (8/12/2018). Realisasi ..