Fakta tentang Makanan Jepang yang Banyak Digemari Orang
Senin, 02/04/2018 21:59:32
Makanan Jepang. (Foto: Okezone.com)

KABARBATAM.com- Setiap orang pasti menginginkan menyantap menu makanan sehat demi menjaga kesehatan tubuhnya. Menghindari makan di restoran cepat saji merupakan salah satu hal yang dilakukan dalam upaya meningkatakan kesehatan tubuhnya.

Saat ini tak sedikit orang yang memilih makanan Jepang sebagai menu sehat yang dapat mereka konsumsi sehari-hari. Makanan Jepang dinilai memiliki kandungan nutrisi yang terbaik dan sangat baik untuk pertumbuhan tubuh.

Lantas apa sebenarnya fakta di balik makanan Jepang hingga banyak orang menganggapnya sebagai makanan sehat yang cocok untuk tubuh mereka? Berikut beberapa rangkuman tentang makanan Jepang yang juga banyak digemari warga Indonesia.

1. Makanan Jepang miliki perspektif pada kesehatan

Jepang secara tradisional memiliki perspektif yang sangat sehat terhadap makanan. Mereka memiliki pepatah, hara hachi bu, yang berarti bahwa Anda harus makan sampai 80% penuh. Menariknya, mereka mengajari anak-anak mereka hal yang sama dari usia yang sangat muda.

2. Penyajian yang menstimulasi semua indera

Presentasi makanan membuat banyak perbedaan dan ini telah dibuktikan oleh makanan Jepang. Penyajian gaya Jepang dengan porsi kecil dan warna menstimulasi rasa lapar dan rasa memuaskan semua indera Anda. Seni penyajian ini membujuk Anda untuk makan dengan mata dan menikmati keindahan makanan.

3. Perhitungan kalori

Jika Anda berpikir bahwa mengurangi kalori adalah pekerjaan yang sulit, mulailah makan makanan Jepang dan Anda akan merasakan perubahannya. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh University Of Florida, College Of Medicine, rata-rata orang Jepang makan sekira 25% lebih rendah kalori per hari dibandingkan dengan orang di seluruh dunia.

4. Ukuran porsinya

Tidak seperti masakan lain, makanan Jepang disajikan dalam piring dan mangkuk kecil. Menurut pakar kesehatan, gagasan porsi yang lebih kecil adalah rahasia terbaik untuk makan sehat mereka yang juga membantu menurunkan berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa ketika disajikan lebih banyak, orang cenderung makan lebih banyak, meski mereka lapar atau tidak.

5. Selalu ada nasi
 
Masakan Jepang tidak lengkap tanpa nasi. Alhasil Anda akan mengatakan, mereka makan nasi enam kali lebih banyak dibandingkan dengan orang lain. Beras sebagai makanan rendah lemak membantu mengisi tubuh Anda dengan lebih sedikit kalori. So, tak ada salahnya Anda mulai mencoba makanan Jepang, atau setidaknya mengikuti cara atau pola makan orang Jepang. Selamat mencoba. (*)


Editor  : Aan Sahputra
Tags
   
   kesehatan
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Badan Pengusahaan (BP) Batam memberikan penghargaan dan apresiasi kepada perusahaan PMA yang telah berkonstribusi dalam membangun dan memajukan perekonomian ..
KEPRI
BATAM, KABARBATAM.com- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution meresmikan beroperasinya KEK Galang Batang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu (8/12/2018). Realisasi ..