Divonis 7 Tahun Penjara, AJI Tuntut Dua Jurnalis Reuters Dibebaskan
Senin, 10/09/2018 19:40:36
Massa yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta dan Forum Jurnalis Freelance menuntut pembebasan dua jurnalis Reuters, Wa Lone (32) dan Kyaw Soe Oo (28), di Kedubes Myanmar, Jakarta Pusat. (Foto: Kompas.com)

JAKARTA, KABARBATAM.com- Massa yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta dan Forum Jurnalis Freelance menuntut pembebasan dua jurnalis Reuters, Wa Lone (32) dan Kyaw Soe Oo (28).

Sebagai bentuk dukungan dan aksi solidaritas terhadap dua wartawan tersebut, massa melakukan unjuk rasa di depan Kedutaan Besar (Kedubes) Myanmar untuk Indonesia di Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Aksi itu sekaligus bentuk protes pengadilan Myanmar yang telah menjatuhkan vonis tujuh tahun penjara terhadap Wa Lone (32) dan Kyaw Soe Oo (28).

"Mereka saat itu sedang menulis laporan tentang serangan militer di negara bagian Rakhine, tapi apa yang mereka lakukan kepada teman kita merupakan bentuk kekerasan terhadap pers," ujar Vira Abdurrahman, perwakilan massa.

Sebagai bentuk protes, beberapa perwakilan massa juga melakukan aksi diam beberapa saat dengan melakban tangan dan mulut mereka. Massa yang merupakan wartawan dari berbagai media juga membentangkan kertas karton bertulisan Free Wa Lone & Kyaw Soe Oo Jurnalism Is Not a Crime Defend Press Freedom!!

Untuk diketahui, dua wartawan Reuters tersebut ditahan lantaran menulis berita terkait serangan tentara Myanmar ke warga Muslim Rohingya.

Akibat serangan itu sebanyak 650 ribuan warga Muslim Rohingya mengungsi ke Bangladesh sejak Agustus 2017 silam. "Karena dua sahabat kita bukan kriminal. Free jurnalism free, freedom jurnalism," teriak salah seorang orator.

Selain itu mereka juga meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Kementerian Luar Negeri untuk melakukan lobi untuk membebaskan dua wartawan Reuters dari penjara.

"Jokowi dan Deplu melobi Presiden Myanmar untuk membebaskan dua teman kami. Ini simbol dari dukungan terhadap pers. Oleh karena itu lepaskan dua jurnalis tersebut," ujar Vira. (*)


Editor  : Aan Sahputra
Tags
   
   nasional-
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Dalam menjalin konektivitas bersama masyarakat membangun kebersamaan dan membangun kreativitas para kawula muda, BP Batam akan membuka acara BP Batam Pesta Komunitas Ajang ..
KEPRI
ANAMBAS, KABARBATAM.com- Upaya pencarian dan pertolongan (SAR) terhadap korban kapal Puskel Pemkab Anambas yang tenggelam, Kamis (11/10/2018) malam di perairan Dusun Etang, Anambas, Provinsi ..