Korban Gempa di Palu Butuh Bantuan Makanan, Air dan Obat-obatan
Minggu, 30/09/2018 20:27:27
Korban gempa Palu mengungsi di tenda-tenda pengungsian di Kota Palu, Sulteng. (Foto:

PALU, KABARBATAM.com- Warga Palu saat ini banyak yang mengungsi di tenda dan posko pengungsian di Kota Palu dan sekitarnya. Mereka mengharapkan bantuan dapat segera datang, terutama makanan dan air minum yang semakin sulit diperoleh.

"Jadi sampai saat ini, ini yang ketiga hari (pascabencana), belum ada bantuan pemerintah yang diterima. Entah itu mie instan dan sebagainya," kata Fitria, salah seorang warga Kelurahan Silae, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (30/9/2018).

Ia mengatakan, saat ini warga sangat membutuhkan makanan, air, dan obat-obatan. "Kalau pakaian masih ada yang selamat dan bisa kami pakai. Tapi kalau makanan kami butuh sekali, dengan obat-obatan, dan juga air," ujarnya.

Korban gempa dan tsunami juga ada yang mengungsi di lapangan depan Kantor Wali Kota Palu. Namun, mereka mulai mengeluhkan bantuan yang masih terbatas. "Makanan belum ada, air susah. Kami mengungsi cuma seperti ini," ujar Maya, seorang pengungsi di lokasi pengungsian, Minggu (30/9/2018).

Para pengungsi itu berlindung dari panas matahari di bawah tenda darurat dengan terpal seadaanya. Untuk alasnya, mereka menggunakan tikar atau terpal.

Para pengungsi berharap bantuan cepat datang, terutama untuk kebutuhan anak-anak. Pengungsi lainnya, Hendra juga berharap agar bantuan bisa segera datang. "Masih banyak yang dibutuhkan para pengungsi. WC juga tidak ada, tidak mungkin juga buang air dekat tenda," ucapnya.

Sementara itu, kondisi infrastruktur di Kota Palu banyak mengalami kerusakan akibat gempa dan tsunami. Termasuk rumah-rumah warga. "Banyak jalan yang rusak, lapangan juga terbelah tanahnya. Rumah-rumah yang ada di Silae ditinggalkan penghuninya karena kerusakannya cukup parah," tambah Fitria.

Fitria mengaku saat ini menginap di rumah saudaranya yang masih bisa ditempati. Namun demikian semua masih serba darurat karena gempa masih terasa, sehingga semua memilih untuk tidur di jalanan. (*)



Editor  : Aan Sahputra
Tags
   
   daerah
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Badan Pengusahaan (BP) Batam memberikan penghargaan dan apresiasi kepada perusahaan PMA yang telah berkonstribusi dalam membangun dan memajukan perekonomian ..
KEPRI
BATAM, KABARBATAM.com- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution meresmikan beroperasinya KEK Galang Batang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu (8/12/2018). Realisasi ..