Tour de Kepri, Event Internasional untuk Mengenalkan Destinasi Wisata Batam
Senin, 01/10/2018 15:22:50
Peserta tour de Kepri 2018 di Dataran Engku Putri, Batam Centre. (Foto: Kabarbatam.com)

BATAM, KABARBATAM.com- Ratusan pebalap sepeda dari 24 negara memeriahkan event Tour de Kepri yang mengambil rute Bintan - Tanjungpinang - Batam. Jarak tempuh sekitar 240 km. Di Batam, ratusan peserta di lepas di Lapangan Engku Putri, Batam Centre, Minggu (30/9/2018). 

"Ini momentum yang baik untuk mengenalkan Batam, Bintan, dan Tanjungpinang. Ada ratusan peserta berpartisipasi dalam kegiatan ini. Kita memanfaatkan kedekatan wilayah dengan Singapura, di mana event yang diselenggarakan ini merupakan lintas negara dan lintas sumatera," ungkap Guntur Sakti mewakili Kementerian Pariwisata RI, usai melepas peserta Tour de Kepri. 

Guntur mengungkapkan, dengan memanfaatkan kedekatan (proximity) dengan Singapura itu lah, event Tour de Kepri  membedakan event dengan negara lain. "Pesertanya dari Singpura. Mereka menyeberang ke Batam. Kemudian ke Bintan lalu ke Tanjungpinang, kembali ke Pelabuhan Roro Tanjunguban lalu melanjutkan perjalanan ke Batam," ujar Guntur. 

Dikatakan Guntur, itulah keunikan event ini karena peserta melintasi tiga wilayah antar pulau di Kepulauan Riau (Kepri). Kita pernah melakukan event yang sama dan alhamdulilah kita bisa menyelenggarakan lagi tahun ini. 

"Nah dengan kondisi Batam saat ini yang didukung infrastruktur yang memadai, sekarang harus sudah siap untuk menyelenggarakan event bertaraf internasional untuk menarik lebih banyak wisatawan mancanegara," jelasnya. 

Kepala Dinas Pariwisata Kepri Buralimar mengatakan, selain event olahraga, Provinsi Kepri sekaligus ingin memperkenalkan sejumlah destinasi wisata di Kepulauan Riau, khususnya Batam. "Alam dan pantai kita terbilang indah dan itu yang kami sajikan kepada para peserta, terutama wisman dan ekspatriat dari puluhan negara," ujar Buralimar. 

Saat ini, sambung Buralimar, yang baru kita adakan adalah Batam, Bintan, dan Tanjungpinang. Ke depan kita akan selenggarakan dengan melibatkan lebih banyak wilayah, seperti Karimun dan Lingga. "Event ini yang kita jual adalah panorama alam kita, seperti pantai yang menawan sepanjang Barelang, Galang, dan Sembulang," ujarnya. (war)



Editor  : Anwar
Tags
   
   metropolitan-
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Badan Pengusahaan (BP) Batam memberikan penghargaan dan apresiasi kepada perusahaan PMA yang telah berkonstribusi dalam membangun dan memajukan perekonomian ..
KEPRI
BATAM, KABARBATAM.com- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution meresmikan beroperasinya KEK Galang Batang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu (8/12/2018). Realisasi ..