Perawatan Penyakit Jantung Jadi Keunggulan Columbia Asia Hospital di Johor Bahru
Kamis, 04/10/2018 00:02:22
Suasana di Columbia Asia Hospital, yang berada di kawasan Iskandar Puteri, Johor Bahru, Malaysia. (Foto: Kabarbatam.com)

BATAM, KABARBATAM.com- Berkunjung ke Johor Bahru, Malaysia, tak lengkap rasanya jika tak mengunjungi beberapa destinasi wisata di negara bagian ini. Salah satunya, yakni destinasi medical tourism; Columbia Asia Hospital. 

Rumah sakit yang berada di kawasan Iskandar Puteri, Johor Bahru, ini memiliki puluhan dokter spesialis yang ahli di bidangnya. Berbagai fasilitas pun ditawarkan untuk memberikan perawatan kesehatan yang efektif dan efisien. 

Elaina Tan, Marketing Manager Columbia Asia Hospital, mengatakan, rumah sakit ini mulai dibangun pada tahun 2011 dan baru dibuka untuk masyarakat lokal Johor Bahru pada tahun 2013. Pembangunan Columbia Asia Hospital terus berjalan dan bangunannya semakin diperbesar. 

"Pada Juni 2018, gedung atau bangunan baru rumah sakit ini resmi dioperasikan. Columbia Asia Hospital mulai melayani masyarakat Malaysia dan Singapura. Termasuk warga Indonesia yang datang berobat ke Johor Bahru," ujar Elaina. 

Dengan membangun rumah sakit skala menengah antara 80 hingga 150 tempat tidur yang dibangun di kawasan pemukiman, membuat perawatan kesehatan swasta ini lebih mudah diakses dan efisien bagi masyarakat sekitarnya.

"Saat ini kami menggalakan promosi bagi warga Indonesia untuk berobat ke Columbia Asia Hospital. Keunggulan kami, yakni penanganan dan operasi jantung, perawatan tulang, bedah umum, termasuk medical check up, dan vaksin bagi anak-anak dan juga bagi orang dewasa," ujarnya. 

Sepanjang tahun kemarin ada sekitar 50 warga Indonesia yang datang berobat ke Columbia Asia Hospital setiap bulannya. "Belum begitu ramai karena kami belum serius melakukan promosi. Dengan bangunan rumah sakit yang besar dan fasilitas yang lebih lengkap saat ini, kami mulai gencar berpromosi. Kami yakin bisa mendatangkan lebih banyak warga Indonesia berobat di rumah sakit ini," ujarnya.           

"Kami baru bermula untuk bersama-sama Johor Tourism melakukan promosi medical tourism kepada masyarakat Indonesia. Dan setelah ini, ke depannya kami juga akan melakukan promosi untuk menarik lebih banyak warga Singapura dan Thailand berobat ke Columbia Asia Hospital. 

Berbagai keunggulan ditawarkan Columbia Asia Hospital, di antaranya penanganan penyakit Jantung dan operasi jantung. Rumah sakit ini juga terdepan dalam perawatan saluran darang jantung yang tersumbat atau Kardiologi Intervensi. 

Dr. Dhanan Umadevan, Consultant Interventional Cardiologist Columbia Asia Hospital, mengatakan, kardiologi intervensi adalah cabang kardiologi yang khusus untuk merawat saluran darah jantung yang tersumbat. 

Untuk tahap awal penanganan penyakit jantung, kata Dr Dhanan, akan ada ujian X ray khusus. Ujian ini dijalankan untuk mengetahui apakah ada saluran darah jantung yang tersumbat atau mengalami kesempitan. 

"Angiogram yang dilakukan dokter terhadap pasien akan membuat keputusan apakah pasien memerlukan rawatan angioplasty, pembedahan bypass, ataupun perawatan dengan obat. Zaman ini kebanyakan angiogram dilakukan melalui saluran darah tangan(sekitar 90%), sementara pendekatan melalui saluran darah kaki hanya dilakukan untuk keadaan khusus," ujarnya. 

Ditambahkan Dr Dhanan, penanganan lainnya yakni Angioplasti koronari. Metode ini adalah perawatan yang digunakan untuk membuka saluran darah yang tersumbat. Angioplasti dilakukan dengan memasukkan dan mengembangkan balon kecil selama beberapa saat di lokasi saluran darah yang tersumbat. "Cara ini kemudian diikuti dengan implantasi stent," pungkasnya. (*)



Editor  : Anwar
Tags
   
   internasional
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Harapan besar muncul terhadap Batam International Culture Carnival (BICC) 2018. Perhelatan yang masuk dalam 100 Calender of Event (CoE)Kementerian Pariwisata (Kemenpar) itu ..
KEPRI
BATAM, KABARBATAM.com- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution meresmikan beroperasinya KEK Galang Batang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu (8/12/2018). Realisasi ..