Sepeda Nusantara 2018 Berlangsung Meriah, Dirangkaikan dengan Deklarasi Anti Hoax
Minggu, 07/10/2018 12:47:18
Suasana kegiatan Sepeda Nusantara 2018 dan deklarasi anti hoax di Dataran Engku Putri Batam. (Foto: Ist)

BATAM, KABARBATAM.com- Sekitar 10 ribu warga Batam mengikuti kegiatan Sepeda Nusantara, Batam - Kepri yang diselenggarakan di Dataran Engku Putri, Batam Centre, Minggu (7/10/2018). Berbagai acara digelar untuk memeriahkan acara ini. 

Hadir dalam kegiatan Sepeda Nusantara 2018, Gubernur Kepri H Nurdin Basirun, Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto, Ketua DPRD Kepri, Ketua DPRD Batam, Kepala BNNK Batam, dan jajaran Polda Kepri serta TNI. Hadir juga mantan Wakil Gubernur Kepri Soerya Respationo, beserta tamu dan undangan lainnya. Turut hadir anggota HDCI Batam. 

Ketua Panitia Sepeda Nusantara 2018, Jadi Rajagukguk mengatakan, Sepeda Nusantara yang diselenggarakan di Batam, Provinsi Kepri, diikuti sebanyak 5.000 hingga 10 ribu peserta. Sepeda nusantara menempuh jarak 30 km bagi peserta VVIP dan 13 km bagi peserta umum. 

"Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini, untuk memasyarakatkan sepeda dan mensepedakan masyarakat. Kegiatan ini sekaligus meningkatkan silaturahmi antara masyarakat Kepri dan Kota Batam pada khususnya. Terima kasih atas dukungan seluruh pihak dan panitia yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan ini," ujar Jadi.  

Sementara itu, Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan hari ini memiliki arti yang sangat penting. Kalau kita maknai, tentunya kita harus sehat. Bicara sehat, kesehatan itu bukan segalanya, tetapi jika tidak sehat, segalanya tidak akan berarti. 

Bagi generasi bangsa, tentunya ini sangat penting dalam rangka melanjutkan pembangunan nasional. Untuk itu generasi kita harus sehat. "Pengemasan acara ini jelas bahwa petisi hidup sehat. Dan di tengah dinamika serta situasi yang terjadi, sebagai anak bangsa kita berharap tidak terprovokasi. Tidak terjebak dalam situasi yang ada, politik identitas, dan segala macam. Terpenting adalah mari kita lawan hoaks, mari lawan ujaran kebencian," tegasnya.  

"Dan langkah-langkah kita mari kita cermati dan sikapi secara bijak. Jika ada sesuatu hal agar dikomunikasikan dengan baik. Harapan dari sosialisasi acara ini, tentunya masyarakat harus sehat dan dapat melaksanakan tugas dengan baik. Dan juga intinya agar sesama anak bangsa tidak ada konflik. Hindari konflik di antara kita," ujar Kapolda.  
Terkait ditangkapnya satu warga Batam karena diduga menyebarkan informasi hoaks, belum lama ini, Kapolda menegaskan bahwa telah diproses sesuai hukum yang berlaku. "Kaitannya bahwa yang kami lakukan saat saya datang pertama kali adalah sosialisasi anti hoaks. Ketika semua sudah berproses, maka hukum sebagai panglima," tegasnya.  

Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto menambahkan, kegiatan ini dalam rangka menumbuhkan silaturahmi dan bersama-sama membudayakan hidup sehat. Sekaligus mengajak kita semua agar tercipta masyarakat yang rukun, damai, kompak, serta menjaga NKRI, Kepri dan Batam pada khususnya. 

"Secara keseluruhan acaranya bagus dalam rangka membangun komitmen bersama menjaga Batam, Kepri, dan Indonesia," ujarnya. Dalam acara tersebut juga diadakan Deklarasi Anti Hoax yang intinya, mengajak seluruh masyarakat Batam bersatu padu, saling menghormati dan saling menguatkan untuk selalu menyuarakan kebenaran dan melawan berbagai bentuk fitnah, kebohongan atau hoaks.
 
Selain itu juga dibacakan Deklarasi #2019Kitatetapbersaudara yang dihadiri seluruh peserta Sepeda Nusantara 2018. Para peserta Sepeda Nusantara 2018 juga berkesempatan mendapatkan belasan hadiah sepeda dan hadiah utama sepeda motor yang disiapkan panitia. (*)


Editor  : Andi Cahyadi
Tags
   
   metropolitan-
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Harapan besar muncul terhadap Batam International Culture Carnival (BICC) 2018. Perhelatan yang masuk dalam 100 Calender of Event (CoE)Kementerian Pariwisata (Kemenpar) itu ..
KEPRI
BATAM, KABARBATAM.com- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution meresmikan beroperasinya KEK Galang Batang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu (8/12/2018). Realisasi ..