Menjejakkan Kaki di Gedung Sultan Ismail, Destinasi Wisata di Kota Iskandar Johor Bahru
Minggu, 07/10/2018 17:00:57
Suasana di Kantor Parlemen Johor, Johor Bahru, Kota Iskandar, Iskandar Puteri. (Foto: Kabarbatam.com)

JOHOR, KABARBATAM.com- Johor Bahru, Malaysia, menawarkan banyak destinasi wisata yang dapat Anda kunjungi bersama teman maupun keluarga. Salah satunya adalah kawasan Gedung Sultan Ismail di Kota Iskandar, Iskandar Puteri, Johor Bahru. Ini merupakan kawasan pusat pemerintahan Negeri Johor Bahru. 

Di kawasan ini berdiri megah kompleks Istana Sultan Johor dan juga Kantor Parlemen Johor Bahru. Gedung ini bersebelahan dengan Masjid Kota Iskandar yang juga masuk dalam destinasi religi di Malaysia. Di depan Istana Sultan Johor, berdiri juga dengan megah   bangunan Menteri Besar, Johor Bahru. 

Kemegahan kompleks ini tergambar saat rombongan Famtrip Media Batam - Indonesia tiba di kawasan Gedung Sultan Ismail. Rombongan disambut pemandu wisata bernama Abdul Rasyid. Puluhan wartawan dari beragam media di Batam, Provinsi Kepri, diajak berkeliling di komplek ini. Pertama, rombongan mengunjungi pusat galery berdirinya pemerintahan Johor. 

Pemandu wisata, Rasyid, menjelaskan secara rinci awal berdirinya pemerintahan Johor. Ia juga menunjukkan galery di mana terdapat beberapa tokoh atau sosok yang sangat berpengaruh dan berperan besar atas berdirinya pemerintahan Johor. Mereka adalah, Temenggong Daeng Ibrahim (1855-1862), Sultan Abu Bakar (1862-1895), dan Sultan Ibrahim (1895-1959). 

Ada banyak sejarah yang dapat dipelajari dan disaksikan di galery ini. Selain sejarah tentang berdirinya pemerintahan Johor, galery ini juga memamerkan pakaian kerajaan atau kesultanan Johor lengkap dengan pedangnya, dan sebuah Al-Quran di masa pemerintahan Johor kala itu.     

Setelah mendapatkan penjelasan tentang sejarah berdirinya pemerintahan Johor, dan pembangunan kompleks Istana Johor di Kota Iskandar, Iskandar Puteri, rombongan berkesempatan berkunjung ke Kantor Parlemen Johor. Suatu kehormatan bagi Famtrip Media Batam - Kepri berkesempatan masuk ke gedung parlemen ini. 

"Suatu kehormatan bagi kalian, rombongan Famtrip Media Batam dapat masuk ke kantor parlemen, karena tidak semua orang bisa masuk, bahkan melalui pintu utama kantor parlemen," ujar Rasyid kepada rombongan Famtrip Media Batam.   

Setibanya di dalam, tampak Kantor Parlemen Johor ini begitu luas dengan tinggi diameter gedung mencapai puluhan meter. Deretan kursi anggota parlemen tampak tersusun rapi dengan membentuk letter U. Tepat di bagian panggung utama, terdapat kursi dan meja khusus untuk Sultan Johor, kemudian di bawahnya kursi dan meja ketua atau pimpinan Parlemen Johor. 

Rasyid mengatakan, jumlah seluruh anggota Parlemen Johor berjumlah 56 orang. Terdiri, 39 orang utusan (perwakilan) kerajaan dan 17 orang pembangkang (oposisi) 56 orang. Setiap tahunnya, parlemen ini menggelar 4 kali sidang (sidang paripurna). Empat sidang tersebut yakni; awal bulan Juni digelar selama seminggu, bulan September digelar selama sehari, bulan November selama tujuh hari, dan bulan Maret digelar selama sehari. 

"Bila Sultan Johor datang, maka beliau akan menyampaikma titah tentang apa yang menjadi tugas dan amalan yang harus dilakukan. Termasuk juga membahas anggaran belanja negara. Anggaran belanja tambahan, dan perkara (permasalahan) lainnya," tutur Rasyid.

Dia menambahkan bahwa, gedung parlemen ini tampak megah.  Kantor ini dibangun dengan teknik arsitektur modern, yang mana bangunannya juga menggabungkan arsitektur Inggiris dan Turki. Di dalamnya juga terdapat beberapa tiang di mana di atas tiang tersebut ada lambang yang menggambarkan buah nenas dan lada. Itu menggambarkan bahwa Johor Bahru merupakan wilayah yang kaya akan sumber daya alamnya.  

Selain berkunjung ke Kantor Parlemen Johor, rombongan Famtrip Media Batam - Indonesia yang difasilitasi oleh Johor Tourism ini juga berkunjung ke Masjid Kota Iskandar. Masjid ini mampu menampung 5.000 jamaah. Terdapat 6 menara di masjid ini yang melambangkan 6 rukun iman dalam Islam. 

Masjid ini dibangun pada 2011 dan dibuka untuk umum pada tahun 2013 dan diresmikan oleh Sultan Ibrahim Ismail ibni almarhum Sultan Iskandar. Setelah berkunjung ke masjid ini, rombongan Famtrip Media Batam - Kepri selanjutnya mengunjungi destinasi wisata lainnya yang ada di Johor. (*)



Editor  : Anwar
Tags
   
   wisata
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Badan Pengusahaan (BP) Batam memberikan penghargaan dan apresiasi kepada perusahaan PMA yang telah berkonstribusi dalam membangun dan memajukan perekonomian ..
KEPRI
BATAM, KABARBATAM.com- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution meresmikan beroperasinya KEK Galang Batang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu (8/12/2018). Realisasi ..