Menyelami Keindahan Distrik Muar, Kota Terbersih di ASEAN
Minggu, 07/10/2018 21:55:36
Suasana Kota Muar, salah satu distrik di Johor Bahru dari atas kapal wisata yang ditumpangi rombongan Famtrip Media Batam - Indonesia menyusuri Sungai Muar. (Foto: Kabarbatam.com)

JOHOR, KABARBATAM.com-  Pernah mendengar nama Kota Muar di Malaysia? Ya, Muar adalah salah satu distrik di Johor Bahru. Wilayah ini sangat dikenal dengan nama Kota Bandar Maharani Bandar Diraja. Jarak tempuhnya dari ibu kota Johor Bahru sekitar 2,5 jam. Namun tahukah Anda, Muar merupakan kota terbersih di ASEAN saat ini. 

Famtrip Media Batam - Indonesia berkesempatan mengunjungi wilayah ini pada Jumat - Sabtu, 5-6 Oktober 2018. Bertolak dari Johor Bahru dengan menggunakan bus, rombongan wartawan yang berasal dari berbagai media di Batam, Provinsi Kepri, disuguhkan hamparan perkebunan kelapa sawit yang amat luas sepanjang perjalanan. 

Melewati separuh perjalanan mulai tampak perbukitan dengan pepohonan yang rindang dan lebat. Saat mendekati wilayah Distrik Muar, beberapa pemukiman dan rumah khas Melayu turut mewarnai perjalanan rombongan Famtrip Media Batam menuju kota ini. 

Jalan yang berbelok dan sedikt menanjak juga menemani perjalanan menuju wilayah yang terletak di barat laut negara bagian Johor Bahru ini. Begitu memasuki kota ini, kesan teduh dan bersahabat mulai terlihat. "Sangat berbeda dengan ibu kota Johor, distrik ini jauh dari hiruk pikuk kendaraan. Kotanya pun teduh dan pastinya sangat bersahabat," ujar seorang anggota rombongan Famtrip. 

Setibanya di Distrik Muar, rombongan Famtrip Media Batam - Indonesia disambut hangat oleh Sallehudin HJ Satar, Chairman  Muar Tourism. Setelah menyampaikan sambutan selamat datang dan sedikit pemaparan tentang Muar, rombongan Famtrip Batam mendapat kesempatan menikmati makanan khas Muar, yakni Kerupuk Seafood, Rujak Muar, dan otak-otak. 

Kegiatan kemudian dilanjutnya dengan sesi berfoto di Bangunan Sultan Abu Bakar Muar yang berada di pusat kota Muar. Setelah itu, rombongan diajak berkeliling melihat suasana Distrik Muar dari dekat. Sejauh mata memandang selama menyusuri kota ini, tak terlihat sedikitpun pun sampah berserakan di jalan. Tidak hanya di pusat kota, jalan-jalan di kawasan pemukiman pun tak terlihat sampah. 

Suasana kota ini juga tampak rimbun oleh tumbuhnya beragam pepohonan di sepanjang jalan yang dilalui. Rumah warga berjejer rapi dengan hamparan tamannya yang hijau dan aneka pohon dan bunga yang subur. Di beberapa tempat, seperti di dekat tepi sungai Muar, terdapat taman bermain bagi keluarga. Lagi-lagi, rombongan Famtrip Media Batam - Indonesia disuguhkan dengan keindahan taman dengan rimbunnya pohon-pohon yang menjulang tinggi. 

Tak heran jika distrik ini disematkan sebagai Kota Terbersih di ASEAN, yang kini mengalahkan Singapura. Beragam destinasi wisata juga dapat dijumpai di wilayah ini. Di antaranya; galery kesenian, kapal wisata untuk menyusuri Sungai Muar, tempat kebudayaan di Muar, dan bangunan bersejarah dan toko-toko tua di pusat Kota Muar. 

Bagi wisatawan yang berkunjung ke kota ini, jangan lupa untuk menikmati kuliner atau makanan khasnya, yakni sate, mie Bandung, Kerupuk Seafood, dan Otak-Otak. Setelah mengelilingi kota Muar, malam harinya rombongan Famtrip Media Batam - Indonesia mendapat jamuan dari Muar Distric Officer atau Pegawai Daerah (sebutan bagi kepala daerah atau bupati), yakni Haji Mohammad Haffiz bin Haji Ahmad. 

Haji Mohammad Haffiz bin Haji Ahmad menyampaikan ucapan  selamat datang kepada rombongan Famtrip Media Batam - Indonesia di Muar sebagai Bandar Maharani Bandar Diraja. Muar merupakan distrik atau kota terbersih di ASEAN saat ini. "Menjadi tanggungjawab saya untuk mempertahankan Muar sebagai bandar terbersih di ASEAN saat ini. Tidak mudah untuk mempertahankan penghargaan ini. Butuh dukungan semua pihak termasuk masyarakat Muar," ujar Haji Mohammad Haffiz bin Haji Ahmad. 

Muar mampu memperoleh penghargaan sebagai Kota Terbersih di ASEAN berkat kerja keras seluruh jajaran pemerintahnya menanamkan sejak dini hidup bersih kepada masyarakatnya. Membudayakan agar membuang sampah pada tempatnya. "Kami menanamkan pendidikan (education) kepada warga mulai sejak di bangku taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi," ujarnya. 

Sejauh ini, wisatawan mancanegara yang banyak berkunjung ke Muar masih didominasi oleh wisatawan asal Indonesia, Singapura, dan Malaysia. Terdapat beberapa pintu masuk menuju Muar, di antaranya melalui Bandara Senai, Pelabuhan Feri, dan jalur darat. 

"Distrik kami ini perlu di-eksplore lagi karena banyak destinasi wisata yang sangat menarik. Muar juga punya keunikan, seperti Sungai Muar yang cantik, keramahan masyarakatnya, dan banyak lagi tempat-tempat bersejarah yang menarik untuk dikunjungi," jelas Haji Mohammad Haffiz bin Haji Ahmad.  

Ahmad Nizam Ahmad Said, salah seorang pegawai Johor Tourism mengatakan, kehadiran rombongan Famtrip Media Batam - Indonedia di Muar diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisata ke Distrik Muar sebagai Bandar Maharani Bandar Diraja. Terdapat banyak destinasi wisata yang dapat dikunjungi di Muar. 

"Distrik Muar juga punya tagline yang sudah sangat dikenal, yakni Menantu yang Baik Datang dari Moa," ujarnya yang disambut tawa dan tepuk tangan oleh tamu dan undangan yang hadir dalam acara Makan Malam bersama Rombongan Famtrip Media Batam - Indonesia di rumah jabatan bupati Haji Mohammad Haffiz bin Haji Ahmad.

Sementara itu, perwakilan rombongan Famtrip Media Batam - Indonesia, Saibansyah Dardani berharap agar hubungan yang baik agar dapat terus berlanjut di masa-masa akan datang. Ini momentum yang baik untuk mempererat hubungan kami dengan Muar. "Kami mendapat informasi bahwa Muar adalah Kota Terbesih di ASEAN, dan setelah kami berkeliling di wilayah ini, ternyata benar adanya. Kota ini sangat bersih dan tak ada satupun sampah yang kami temukan sepanjang perjalanan kami di wilayah ini," ujarnya. 

Turut hadir dalam acara Makan Malam bersama Muar Distric Officer (DO) Haji Mohammad Haffiz bin Haji Ahmad dengan rombongan Famtrip Media Batam - Indonesia adalah para kepala dinas atau FKPD di lingkungan pemerintah Muar. 

Kegiatan ini juga diisi dengan pemberian cindera mata oleh Haji Mohammad Haffiz bin Haji Ahmad kepada Muhammad Amirul Ardi, Penolong Pengarah Johor Tourism dan kepada ketua tim rombongan Famtrip Media Batam - Indonesia Agus Siswanto Siagian. (*)     


Editor  : Anwar
Tags
   
   wisata
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Dalam menjalin konektivitas bersama masyarakat membangun kebersamaan dan membangun kreativitas para kawula muda, BP Batam akan membuka acara BP Batam Pesta Komunitas Ajang ..
KEPRI
ANAMBAS, KABARBATAM.com- Upaya pencarian dan pertolongan (SAR) terhadap korban kapal Puskel Pemkab Anambas yang tenggelam, Kamis (11/10/2018) malam di perairan Dusun Etang, Anambas, Provinsi ..