Cegah Imigran Gelap Masuk Sumatera, 40 Petugas Imigrasi Asah Kompetensi di Batam
Selasa, 09/10/2018 16:49:39
Balai Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Kepulauan Riau Kementerian Hukum dan HAM menggelar pendidikan dan pelatihan (Diklat) bagi petugas di lapangan. Berlangsung di Golden Bay, Batam. (Foto: Kabarbatam.com)

BATAM, KABARBATAM.com- Balai Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Kepulauan Riau Kementerian Hukum dan HAM menggelar pendidikan dan pelatihan (Diklat) bagi petugas di lapangan. Diklat ini diselenggarakan guna mencegah masuknya imigran gelap ke Indonesia secara bebas melalui pintu masuk di perairan Selat Malaka di Pulau Sumatera.

Seperti diketahui, saat ini pemerintah Indonesia memberikan bebas visa kunjungan untuk 169 negara yang ditetapkan dalam Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 21 tahun 2016. Selain berdampak positif bagi pertumbuhan sektor pariwisata, kebijakan ini juga ada risikonya yakni banyaknya orang asing yang masuk ke Indonesia.

“Maka dirasa perlu bagi kami untuk menggelar pendidikan dan pelatihan ini, “ ujar Hendy Emil, Kepala Balai Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan Hak Asasi Manusia Kepulauan Riau Kementerian Hukum dan HAM, Kamis (4/10/18). 

Pelatihan ini dilaunching di Hotel Golden Bay, Bengkong Laut, Kota Batam, Senin (8/10/18). Menurut Hendy, ada dua pelatihan yang akan digelar yakni Pelatihan Teknis Pengawasan Keimigrasian akan berlangsung hingga Sabtu (13/10/18), dan Pelatihan Dasar – Dasar HAM bagi Petugas Pemasyarakatan dan Imigrasi, berlangsung hingga Rabu (10/10/18). 

Masing-masing diklat ini akan diikuti 40 peserta dari Kantor Wilayah Riau, Sumatera Barat (Sumbar), dan Kanwil Jambi. Bertindak sebagai pembicara utama yakni Sekretaris Jenderal Kemenkum HAM RI Bambang Rantam Sariwanto, Kepala BP SDM Hukum dan HAM RI Mardjoeki, dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum Kanwil Kepri Hajerati mewakili Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM Kepri, beserta para tenaga pengajar yang berkompeten dan berpengalaman. 

“Diperlukan kompetensi yang mampu melakukan pengawasan keimigrasian secara cepat, teliti, dan terkoordinasi, tanpa mengabaikan keterbukaan dalam memberikan pelayanan bagi orang asing,” kata Hendy. 

Balai Diklat Hukum dan Hak Asasi Manusia (Badiklatkumham) merupakan unit pelayanan teknis yang membantu Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Hukum dan HAM. BPSDM Hukum dan HAM merupakan salah satu Unit Eselon I Kementerian Hukum dan HAM yang bertugas mengembangkan sumber daya manusia di Kementerian Hukum dan HAM melalui diklat. 

Diklat ini bertujuan meningkatkan kompetensi (knowledge,skill, dan attitude) para pegawai Kemenkum HAM. Adapun Badiklatkumham dibentuk berdasarkan Permenkumham Nomor 4 tahun 2018 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan HAM terdiri dari tiga balai diklat yakni Kepulauan Riau, Jawa Tengah, dan Sulawesi Utara. 

Balai Diklat Kepulauan Riau membawahi delapan wilayah kerja, yakni; Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat,
Jambi, Bangka Belitung, dan Sumatera Selatan. (*)


Editor  : Aan Sahputra
Tags
   
   metropolitan-
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Dalam menjalin konektivitas bersama masyarakat membangun kebersamaan dan membangun kreativitas para kawula muda, BP Batam akan membuka acara BP Batam Pesta Komunitas Ajang ..
KEPRI
ANAMBAS, KABARBATAM.com- Upaya pencarian dan pertolongan (SAR) terhadap korban kapal Puskel Pemkab Anambas yang tenggelam, Kamis (11/10/2018) malam di perairan Dusun Etang, Anambas, Provinsi ..