Gempa 6,3 SR Guncang Situbondo dan Bali, Empat Rumah Warga Rusak
Kamis, 11/10/2018 08:07:03
Dampak gempa 6,3 SR di wilayah Situbondo dan Bali. (Foto: merdeka.com)

SITUBONDO, KABARBATAM.com- Gempa berkekuatan 6,3 skala richter (SR) mengguncang wilayah Situbondo, Jawa Timur (Jatim) dan Bali, Kamis (11/10/2018) sekitar pukul 01.44 WIB. Gempa tidak menimbulkan gelombang tsunami.

"Hari Kamis, 11 Oktober 2018, sekitar pukul 01.44.57 WIB, wilayah Laut Bali diguncang gempabumi tektonik," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono dalam keterangannya, Kamis (11/10/2018).

Lokasi pusat gempa berada pada jarak sekitar 55 km ke timur laut Situbondo pada kedalaman 12 km. Titik koordinat pusat gempa yakni 7,47 Lintang Selatan (LS) dan 114,43 Bujur Timur (BT).

Rahmat mengatakan, gempa yang terjadi tergolong gempa dangkal. BMKG memprediksi penyebab gempa karena adanya aktivitas patahan di zona back arc thrust.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi di wilayah Laut Bali ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan sesar naik," ujarnya.

Gempa yang berpusat di Situbondo itu, kata Rahmat, dirasakan sampai ke beberapa kota di Bali dan NTB, di antaranya Denpasar, Karangkates, Gianyar, Lombok Barat, dan Mataram.

"Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Denpasar dalam skala intensitas III-IV MMI, Karangkates, Gianyar, Lombok Barat, Mataram, Pandaan III MMI," ucap Rahmat. 

Gempa juga dirasakan di Jember, Banyuwangi, Lumajang, Kab. Probolinggo, Kota Probolinggo, Bondowoso, Sumenep, Pamekasan, Sampang, Bangkalan, Kab. Pasuruan Kota Pasuruan, Kota Batu, Kota Malang, Kab. Malang, Kab. Blitar, Surabaya, Sidoarjo, Jombang, Kab. Mojokerto, dan Kota Mojokerto.

Sementara di Bali, gempa terasa di Denpasar, Karangkates, dan Gianyar. Gempa juga dirasakan sampai ke beberapa daerah di NTB, seperti Lombok Barat dan Mataram.

Berdasarkan data sementara dari BNPB, Kecamatan Gayam, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, menjadi wilayah terparah terkena dampak gempa. Empat rumah dan satu mesjid yang mengalami kerusakan. Gempa juga menyebabkan tiga orang warga Sumenep meninggal dunia.

"Selain itu beberapa rumah mengalami kerusakan," Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho melalui keterangan tertulisnya, Kamis (11/10/2018). (*)


Sumber  : Merdeka.com
Editor  : Hadi Maulana
Tags
   
   daerah
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Harapan besar muncul terhadap Batam International Culture Carnival (BICC) 2018. Perhelatan yang masuk dalam 100 Calender of Event (CoE)Kementerian Pariwisata (Kemenpar) itu ..
KEPRI
BATAM, KABARBATAM.com- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution meresmikan beroperasinya KEK Galang Batang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu (8/12/2018). Realisasi ..