Biro Ekonomi Kreatif BP Batam segera Disahkan Menpan-RB
Rabu, 17/10/2018 20:40:09
Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo beserta jajaran bertemu dengan Menpan-RB Syafruddin di Kantor Kemenpan-RB, di Jakarta, Rabu (17/10/2018) sekitar pukul 11.00 WIB. (Foto: Humas BP Batam)

JAKARTA, KABARBATAM.com- Badan Pengusahaan (BP) Batam sebentar lagi memiliki Biro Ekonomi Kreatif. Susunan Organisasi Tata Kerja (SOTK) baru BP Batam tersebut sudah dikaji dan didalami Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). Jika tak ada kendala, biro ini akan disahkan sebelum tahun 2019. 

Untuk membahas lebih lanjut mengenai pembentukan SOTK Biro Ekonomi Kreatif tersebut, Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo beserta jajaran bertemu dengan Menpan-RB Syafruddin di Kantor Kemenpan-RB, di Jakarta, Rabu (17/10/2018) sekitar pukul 11.00 WIB. 
   
Lukita menyampaikan bahwa kunjungan dan pertemuan dengan Menpan-RB terkait dengan pembahasan rencana restrukturisasi organisasi BP Batam, yaitu pembentukan Biro Ekonomi Kreatif dalam sususan organisasi BP Batam. 

Rencana pembentukan Biro Ekonomi Kreatif ini, menurut Lukita, merupakan bagian dari program BP Batam dalam mengembangkan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kawasan FTZ Batam dimana hal tersebut sesuai dengan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2007 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2000 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2000, Pasal 3 tentang Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas. 

“Pembentukan SOTK Biro Ekonomi Kreatif merupakan bagian dari program BP Batam dalam merealisasikan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta investasi di Batam. Ini juga merupakan bagian dari rencana anggaran BP Batam di tahun 2019. Kami berharap keinginan tersebut dapat segera direalisasikan,” jelas Lukita.

Dengan adanya Biro Ekonomi Kreatif, sambung Lukita, BP Batam dapat menjalankan berbagai terobosan baru dalam meningkatan perekonomian Batam, khususnya terkait dengan program pengembangan industri pariwisata dan ekonomi mikro, menengah, industri kreatif, serta sektor pendukung lainnya.

Dalam pertemuan ini, Menteri Syafruddin menyambut baik kunjungan BP Batam dan mengatakan bahwa tim kementerian sudah mengkaji dan mendalami  rencana pembentukan Biro Ekonomi Kreatif BP Batam. Syafruddin juga menyampaikan bahwa SOTK yang diajukan BP Batam sudah sesuai dan tidak bertentangan dengan Undang-Undang maupun Peraturan tentang Kelembagaan. 

“SOTK ini sudah dipelajari dan dimatangkan oleh pihak kementerian, dan dalam waktu dekat kita akan berkoordinasi bersama dengan BP Batam untuk segera menyetujui dan mengesahkan SOTK tersebut sebelum tahun 2019,” ujar mantan Wakapolri ini.

Dalam pembahasan tersebut juga dibahas mengenai pengajuan pengesahan pasal-pasal dan peraturan kepegawaian agar dapat segera dimatangkan oleh Tim Kementerian dan Tim BP Batam guna menghindari penyimpangan tugas dan program kerja dari masing-masing biro yang nantinya ada di strukturisasi BP Batam.
 
Dalam pertemuan di Kantor Kemenpan-RB, Menteri Syafruddin didampingi oleh Asdep Asesmen dan Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan Kelembagaan dan Tata Laksana Politik, Hukum, dan Keamanan dan Pemerintah Daerah Kementerian PAN-RB Nanik Murwanti.

Adapun Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo didampingi oleh Deputi 1 Bidang Administrasi Umum Purwiyanto, Deputi 2 Bidang Perencanaan dan Pengembangan Yusmar Anggadinata, dan Deputi 5 Bidang Pelayanan Umum Bambang Purwanto. (*)



Editor  : Anwar
Tags
   
   bp-batam
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Acara pembukaan Kejuaraan Nasional Bandung Karate Club (BKC) 2018 bersama Badan Pengusahaan (BP) Batam dibuka dengan resmi oleh Anggota 4/Deputi Bidang Pengusahaan Sarana ..
KEPRI
BINTAN, KABARBATAM.com- Usulan pengajuan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Bintan Tahun 2019 telah ditandatangani oleh Bupati Kabupaten Bintan Apri Sujadi. Usulan UMK tersebut sebesar ..