Ditetapkan Tersangka Kasus Ujaran Kebencian, Ini Tanggapan Ahmad Dhani
Kamis, 18/10/2018 15:18:42
Ahmad Dhani. (Foto: kumparan)

SURABAYA, KABARBATAM.com - Tim penyidik Polda Jatim menetapkan Ahmad Dhani Prasetyo atau akrab disapa Ahmad Dhani sebagai tersangka kasus ujaran kebencian. Penetapan tersebut setelah penyidik melakukan pemeriksaan terhadap para saksi.

Ujaran Dhani yang berujung pelaporan pencemaran nama baik ini sempat dilontarkannya dalam video di facebook. Saat itu, Dhani yang hendak mengikuti deklarasi #2019GantiPresiden di Surabaya dihadang oleh sejumlah massa Koalisi Bela NKRI. Dalam videonya, Dhani menyebut orang-orang yang menghadangnya idiot. 

"Dalam kasus yang berujung pada pelaporan itu, kami sudah memeriksa beberapa ahli bahasa, ahli lain, saksi-saksi juga. Kami telah menetapkan yang bersangkutan (Ahmad Dhani) sebagai tersangka," ujar Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera di Mapolda Jatim, Surabaya, Kamis (18/10/2018).

Usai mengumpulkan keterangan, baik dari terlapor yakni Ahmad Dhani, pelapor, dan saksi ahli, menurut Barung, pihaknya telah menyimpulkan jika Ahmad Dhani resmi menjadi tersangka. 

"Kami sudah kumpulkan ahli bahasa, ahli pidana. Kami merangkum dan menyimpulkan yang bersangkutan (Ahmad Dhani) sebagai tersangka," tandas Barung.

Sementara itu, Ahmad Dhani menyayangkan penetapan dirinya sebagai tersangka kasus pencemaran nama baik. Menurut dia, penetapan status tersangka bentuk upaya mengkriminalisasi dirinya.

"Ini kriminalisasi," ujar Dhani kepada wartawan, Kamis (18/10/2018). Dhani menilai, polisi tak memahami maksud dari ujaran kebencian. Menurutnya, ujaran kebencian adalah pernyataan kebencian kepada sesuatu yang baik. "Pernyataan kebencian kepada sesuatu hal yang buruk itu bukan ujaran kebencian," katanya. (*) 





Editor  : Andi Cahyadi
Tags
   
   seleb
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Acara pembukaan Kejuaraan Nasional Bandung Karate Club (BKC) 2018 bersama Badan Pengusahaan (BP) Batam dibuka dengan resmi oleh Anggota 4/Deputi Bidang Pengusahaan Sarana ..
KEPRI
BINTAN, KABARBATAM.com- Usulan pengajuan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Bintan Tahun 2019 telah ditandatangani oleh Bupati Kabupaten Bintan Apri Sujadi. Usulan UMK tersebut sebesar ..