Otoritas Arab Saudi Akui Wartawan Jamal Khashoggi Tewas di Konsulat Istanbul
Sabtu, 20/10/2018 14:07:08
Aksi demonstrasi menuntut pengungkapan kasus hilangnya wartawan Jamal Khashoggi sesaat setelah masuk di Konsulat Arab Saudi di Istanbul. (Foto: net)

KABARBATAM.com- Otoritas Arab Saudi akhirnya mengakui bahwa wartawan Jamal Khashoggi tewas di dalam konsulatnya di Kota Istanbul, Turki.  Menurut versi pemerintah Arab Saudi, Khashoggi tewas lantaran terlibat pertikaian.

Dilansir Aljazeera, Sabtu (20/10/2018), Kantor berita resmi kerajaan SPA mengatakan, berdasarkan hasil penyelidikan, wartawan tersebut hilang setelah terjadi perkelahian.

"Sebuah pertikaian meletus antara dia (Khashoggi) dan yang lain yang dia temui di konsulat Saudi di Istanbul yang menyebabkan perkelahian hingga menyebabkan kematiannya," SPA melaporkan.

Menyusul kejadian tersebut, Arab Saudi dikabarkan telah memecat dua pejabat senior atas insiden itu. Sebelumnya sejak Khashoggi menghilang di Konsulat Saudi di Istanbul, pemerintah Arab Saudi selalu menyangkal bahwa wartawan yang kritis terhadap Kerajaan Saudi itu telah tewas.

Pengakuan Arab Saudi bahwa Khashoggi meninggal datang setelah tuntutan yang terus mengalir dari sekutu Barat yang meminta  penjelasan atas hilangnya  Khashoggi. Raibnya jurnalis itu menggugah kemarahan global dan mendorong beberapa anggota parlemen AS menyerukan tindakan keras terhadap Riyadh.

Media pemerintah Saudi melaporkan, Raja Salman telah memerintahkan pemecatan dua pejabat senior atas insiden itu. Mereka yang dipecat yakni Saud al-Qahtani, penasihat istana yang dianggap sebagai tangan kanan Putra Mahkota Mohammed bin Salman, dan wakil kepala intelijen Ahmed Asiri.

"Investigasi masih berlangsung dan 18 warga Saudi telah ditangkap," tulis pernyataan jaksa penuntut umum Saudi.

Khashoggi, wartawan yang dikenal kritis terhadap Putra Mahkota Arab Saudi hilang setelah memasuki konsulat pada 2 Oktober 2018 saat mengurus dokumen untuk pernikahannya. Beberapa hari kemudian, para pejabat Turki mengatakan Khashoggi terbunuh di gedung konsulat. 

Dalam pernyataan terpisah pada Sabtu (20/10/2018), jaksa penuntut umum Arab Saudi mengatakan perkelahian terjadi antara Khashoggi dan orang-orang yang bertemu dengannya di konsulat, yang menyebabkan kematiannya.

Namun demikian, dugaan Khashoggi tewas makin menguat. Laporan berbagai media, yang mengutip sumber-sumber pejabat Turki, menyebut adanya bukti rekaman audio dan video yang menunjukkan Khashoggi diserang dan dibunuh tak lama setelah dia masuk ke Konsulat Saudi di Istanbul.

Sejumlah negara telah mendesak agar kasus ini diusut dengan tuntas. (*)



Sumber  : dtc/kcm/oke
Editor  : Aan Sahputra
Tags
   
   internasional
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Badan Pengusahaan (BP) Batam menggelar Dialog Investasi dengan para pelaku usaha di Batam, Jumat (15/2/2019). Dialog yang menghadirkan Kepala BP Batam Edy Putra Irawady ..
KEPRI
BATAM, KABARBATAM.com- Sejumlah Unsur KRI Jajaran Komando Armada (Koarmada) I TNI AL dalam sepekan terakhir berhasil menangkap delapan kapal kargo dan kapal tanker asing. Ke delapan kapal tersebut ..