Pertamina Pasok 34.701 KL Solar Subsidi di Batam, Cukup untuk Penuhi Kebutuhan Masyarakat
Kamis, 15/11/2018 19:08:50
Ilustrasi

BATAM, KABARBATAM.com- Penyaluran solar bersubsidi di area Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), dipastikan aman. PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region I juga menjamin  penyaluran BBM tersebut lancar dan sesuai kebutuhan masyarakat.

Branch Marketing Manager Pertamina Wilayah Kepri, Oos Kosasih, mengatakan hingga 31 Oktober 2018, telah disalurkan sebanyak 34.701 kiloliter atau 114 kl/hari di wilayah Batam. 

Jumlah ini meningkat 28% dibandingkan dengan rata-rata penyaluran harian tahun 2017, yaitu 89 kl/hari. Khusus untuk bulan Oktober 2018, Pertamina menyalurkan Biosolar sebanyak 119 kl/hari.

"Dengan kondisi tersebut, seharusnya pasokan solar bersubsidi cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya di wilayah Batam," kata Oos kepada wartawan, Kamis (15/11/2018). 

Sesuai dengan surat edaran Wali Kota Batam, kata Oos, penyaluran solar subsidi hanya diberikan kepada konsumen yang memiliki fuel card.

“Kami pastikan bahwa pasokan solar bersubsidi normal di wilayah Batam. Batasan transaksi solar bersubsidi maksimal 30 liter per hari dan hanya untuk konsumen yang memiliki fuel card. Sejauh ini, pengelolaan fuel card untuk konsumen kendaraan pribadi dan angkutan umum/barang tersebut cukup efektif untuk memastikan pasokan solar subsidi tepat sasaran,” ujarnya. 

Jumlah fuel card yang telah didistribusikan sebanyak 18.677 buah kartu kepada konsumen. Selain itu, kata dia, dilakukan juga proses pemblokiran terhadap kartu-kartu yang telah dilaporkan telah hilang atau rusak, serta nomor kartu yang diduga digunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab. 

"Hingga awal November 2018, permohonan pemblokiran kartu fuel card sebanyak 3.370 kartu," ungkapnya.

Oos menambahkan, penyaluran biosolar tepat sasaran juga sejalan dengan Perpres No 191 tahun 2014 dimana kriteria konsumen sudah jelas disebutkan di dalam lampirannya. 

"Pertamina berperan sebagai badan usaha yang ditunjuk untuk mendistribusikan BBM bersubsidi, adapun pengawasan dilakukan oleh stakeholders terkait yang berwenang sesuai regulasi yang ada," paparnya. 

Namun, apabila masyarakat menemukan hal-hal yang diduga tidak sesuai ketentuan, dapat melaporkannya kepada Pertamina melalui contact center 1 500 000 atau pcc@pertamina.com. 

"Pertamina terbuka akan laporan, masukan, dan saran dan pasti ditindaklanjuti sebagai upaya perbaikan berkelanjutan terhadap pelayanan kepada konsumen," pungkasnya. (*)
 


Editor  : Andi Cahyadi
Tags
   
   metropolitan-
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Harapan besar muncul terhadap Batam International Culture Carnival (BICC) 2018. Perhelatan yang masuk dalam 100 Calender of Event (CoE)Kementerian Pariwisata (Kemenpar) itu ..
KEPRI
BATAM, KABARBATAM.com- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution meresmikan beroperasinya KEK Galang Batang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu (8/12/2018). Realisasi ..