The Nove, Hunian Berkelas Menghadap Singapura Persembahan Nuvasa Bay
Sabtu, 17/11/2018 21:46:28
Groundbreaking ceremony The Nove Residences, di kawasan Nuvasa Bay, Nongsa, Kota Batam.

BATAM, KABARBATAM.com- Sebuah kawasan kota mandiri terlengkap dan terbesar segera hadir di Batam. Kawasan itu bernama Nuvasa Bay, proyek terbaru yang dibangun Sinarmas Land bersama Palm Spring Golf & Resort di Nongsa, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). 

Untuk tahap pertama, di atas lahan seluas 5 hekatre (ha), proyek pertama yang segera dibangun adalah The Nove, sebuah kawasan hunian yang di dalamnya terdapat tiga tower apartemen dan rumah dengan berbagai keunggulan dan fasilitasnya.    

"Pembangunan The Nove Residences segera dibangun. Tahap pertama yang dibangun adalah apartemen Kaina dan Kalani. Pengerjaan dimulai bulan ini," ujar Steven Japari, General Manager Palm Springs Golf & Beach Resort saat memberikan sambutan di acara Groundbreaking Ceremony The Nove Residences, di Nongsa, Kota Batam, Sabtu (17/11/2018).  

Steven mengatakan, Palm Spring Golf & Resort diawali dari sejarah berdirinya lapangan golf pada tahun 1989, merupakan lapangan golf tertua dan terbesar di Batam. Dan juga terfavorit di kawasan Asia Tenggara.  

Tidak hanya itu, lapangan golf ini juga merupakan yang terbaik versi majalah ternama di Singapura. "Kami mulai ambil alih project ini sekitar tahun 1996. Banyak sekali tantangan yang kami hadapi, termasuk juga saat kami mengakuisisi lahan ini. Masyarakat sekitar juga turut membantu dengan merelakan tanahnya kepada kami untuk kami bangun," kata Steven. 

Dia mengatakan, seiring berkembangnya kawasan Nongsa, Palm Spring Golf & Resort mulai membangun. Kini dengan total lahan seluas hampir 400 ha, Palm Spring Golf & Resort berkolaborasi bersama Sinarmas Land membangun sebuah kawasan kota mandiri terlengkap dan terbesar di Batam. 

Pembangunan kawasan kota mandiri ini, kata Steven, akan berdiri hunian dan apartemen berkelas, termasuk berbagai fasilitas, yang ada di dalamnnya. "Nantinya akan ada sekolah, rumah sakit,  sarana olahraga, taman, lapangan golf, wahana permainan, dan berbagai fasilitas lainnya. Semuanya berada dalam satu kawasan dan menjadi yang terlengkap di Batam," ujar Steven. 

Nuvasa Bay diunggulkan oleh letaknya yang strategis karena sangat dekat dengan Singapura, termasuk Johor, Malaysia. Tidak hanya itu, akses menuju Nuvasa Bay juga sangat dekat dengan Bandara Internasional Hang Nadim Batam, dan terdapat pelabuhan internasional yakni Pelabuhan Nongsa Pura, yang hanya berjarak beberapa puluh meter dari Nuvasa Bay.  

"Belum lagi nantinya akan dibangun akses jalan lingkar yang langsung menghubungkan Nongsa ke Batam Centre dan juga Bandara Hang Nadim sehingga dapat memangkas jarak tempuh perjalanan menuju Nongsa maupun ke Batam Centre. Ini bukan untuk kepentingan Nuvasa Bay saja, tetapi juga untuk seluruh masyarajat Batam," papar Steven.

"Termasuk pembangunan jembatan Batam-Bintan yang kita ketahui bersama juga akan dibangun oleh pemerintah. Belum lagi, rencana BP Batam akan membangun konsep aerocity di bandara di mana Lion Grup dan Garuda masuk dengan membangun MRO atau industri perawatan pesawat," urainya. 

Kesemua pembangunan tersebut, tambah Steven, menunjukan bahwa Nongsa kini menjadi sebuah kawasan yang makin berkembang dan menjadi ikon baru bagi Batam.  

Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Lukita Dinarsyah Tuwo menyambut gembira pembangunan Nuvasa Bay. "Kenapa saya mengatakan demikian, karena saya melihat konsep Nuvasa Bay sangat menarik. Kita ketahui bahwa kawasan Nongsa sejak dari tahun 1989 diperuntukkan untuk pariwisata. Saat pertama kali saya datang ke sini (Batam), kami sepakat untuk memperpanjang sewa lahan ini," ujar Lukita. 

BP Batam memperpanjang sewa lahan di kawasan ini karena BP Batam ingin memberikan kepastian kepada pengembang dan juga kepada konsumen Nuvasa Bay. "Potensi lahan ini sangat luar biasa. Saya berharap ini menjadi ikon baru bagi Nongsa, khususnya di wilayah timur Kota Batam," ujarnya. 

Dikatakan Lukita, Batam kini mulai kembali berkembang. Selain industri yang mulai berkembang, BP Batam juga mulai fokus mengembangkan sektor pariwisata dengan potensi yang dimiliki. "Kami juga akan menjadikan Batam sebagai hub logistik dendan kehadiran bandara dan pelabuhan yang berdekatan," ujar Luikita. 

Pulau Batam, sambung mantan Sesmenko Perekonomian RI ini, terbilang istimewa. Di mana jarak antara bandara dan pelabuhan cukup dekat. Belum lagi bila berbicara letak strategis Batam yang berdekatan dengan Singapura. 

"Saya komitmen tahun depan pertumbuhan ekonomi kita mencapai 7 persen. Groundbreaking ini bisa menjadi barometer untuk menumbuhkan perekonomian Batam. Tadi saya melihat maketnya, wah sangat bagus dan ini merupakan sesuatu yang menarik," pungkasnya.  

Hadir dalam acara groundbreaking ceremony The Nove Residences, yakni Margiman, Strategic Development Divisi Head Sinarmas Land, Sanjaya, perwakilan Bank BNI, Ghatot selaku Project Manager The Nove, Firman selaku Direktur PT Arung Laut Nusantara, perwakilan Polda Kepri, dan perwakilan konsumen The Nove, serta masyarakat sekitar. (*)



Editor  : 
Tags
   
   bisnis
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Harapan besar muncul terhadap Batam International Culture Carnival (BICC) 2018. Perhelatan yang masuk dalam 100 Calender of Event (CoE)Kementerian Pariwisata (Kemenpar) itu ..
KEPRI
BATAM, KABARBATAM.com- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution meresmikan beroperasinya KEK Galang Batang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu (8/12/2018). Realisasi ..