Ukraina Berlakukan Aturan Larang Warga Rusia Masuk Negaranya
Sabtu, 01/12/2018 21:34:04
Kapal perang Ukraina ditahan oleh kapal patroli Rusia. (Foto: detik.com)

KABARBATAM.com- Status darurat militer yang diberlakukan oleh Ukraina di negaranya memunculkan peraturan baru. Kini, negara tersebut memberlakukan larangan bagi warga Rusia untuk memasuki negara tersebut.

"Ukraina tidak akan mengizinkan pria Rusia berusia 16-60 masuk selama keadaan darurat militer diberlakukan," demikian pernyataan Layanan Perbatasan Negara, dikutip dari BBC, Jumat (30/11/2018).

"Pengecualian akan dibuat untuk kasus-kasus kemanusiaan, seperti untuk melakukan perjalanan ke pemakaman misalnya," tambah pernyataan tersebut.

Sejauh ini, status darurat militer telah diberlakukan di 10 wilayah yang berbatasan dengan Rusia. Status ini sendiri akan diterapkan sampai 26 Desember mendatang.

Langkah ini diambil Ukraina di tengah kekhawatiran setelah Rusia melakukan invasi berupa penyitaan tiga kapal Ukraina dan penahanan 24 pelaut di Laut Hitam pada akhir pekan lalu. Menurut Ukraina, insiden itu merupakan pelanggaran terhadap hukum internasional.

Namun Rusia menyangkal klaim tersebut dan menyebut bahwa kapal-kapal Ukraina yang justru melanggar teritorial perairannya.

Bentrokan antara kedua negara ini adalah yang paling parah dari yang pernah terjadi di laut lepas Krimea sejak Rusia mencaplok semenanjung Ukraina pada Maret 2014. (*)


Editor  : Andi Cahyadi
Tags
   
   internasional
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Badan Pengusahaan (BP) Batam menggelar Dialog Investasi dengan para pelaku usaha di Batam, Jumat (15/2/2019). Dialog yang menghadirkan Kepala BP Batam Edy Putra Irawady ..
KEPRI
BATAM, KABARBATAM.com- Sejumlah Unsur KRI Jajaran Komando Armada (Koarmada) I TNI AL dalam sepekan terakhir berhasil menangkap delapan kapal kargo dan kapal tanker asing. Ke delapan kapal tersebut ..