Nakhoda Baru BP Batam, Edy Putra Irawady Berpengalaman dan Punya Pengetahuan tentang Batam
Selasa, 08/01/2019 18:20:43
Proses pelantikan Kepala BP Batam Edy Putra Irawady di Kantor Kemenko Perekonomian RI di Jakarta, Senin, 7 Januari 2019. (Foto: CNBC Indonesia)

JAKARTA, KABARBATAM.com- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, yang juga Ketua Dewan Kawasan Batam, Darmin Nasution, melantik Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Edy Putra Irawady. Edy Putra Irawady sebelumnya menjabat staf khusus Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI. 

Edy Putra dilantik sebagai Kepala BP Batam menggantikan pejabat lama Lukita Dinarsyah Tuwo. Selain melantik Kepala BP Batam, Dewan Kawasan Batam juga menetapkan dan melantik Deputi 1 merangkap Deputi 2 dan Deputi 3 merangkap Deputi 4 BP Batam. 

Pelantikan pejabat BP Batam ini berlangsung di Kantor Kementerian Koordinator Bidang  Perekonomian RI, di Jakarta, Senin, 7 Januari 2018 sekitar pukul 17.00 WIB. 

Dalam rilis Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Dewan Kawasan Batam menetapkan Edy Putra Irawady untuk menjabat sebagai Kepala BP Batam selama masa transisi. Sebelumnya, dalam Rapat Terbatas Kabinet tanggal 12 Desember 2018 lalu, pemerintah memutuskan bahwa Kepala BP Batam
dijabat ex-officio oleh Wali Kota Batam sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Meski telah diputuskan pemerintah, tanggapan pro dan kontra bermunculan dari berbagai kalangan. Selain masyarakat Batam, pengusaha, dan elite politik di Batam dan Senayan, pernyataan pro dan kontra juga datang dari beberapa lembaga di antaranya, Ombusdman, Indef, Kamar Dagang dan Industri (Kadin), serta Wakil Ketua DPR RI.      

Namun demikian, pemerintah keukeuh pada keputusannya bahwa Kepala BP Batam dijabat ex-officio Wali Kota Batam. Menindaklanjuti hal itu, Dewan Kawasan Batam melantik dan mengambil sumpah jabatan Kepala BP Batam dan dua orang deputi. 

Menteri Perekonomian, yang juga Ketua Dewan Kawasan, Darmin Nasution mengatakan, pengangkatan dan pelantikan tersebut, dalam rangka sinkronisasi dan koordinasi pelaksanaan tugas pengelolaan, pengembangan, dan pembangunan BP Batam selama masa transisi. 

Darmin mengatakan, pengangkatan Edy Putra telah memenuhi kriteria yang diperlukan dalam masa transisi, yaitu; mempunyai pengalaman yang cukup sebagai pimpinan birokrasi, mempunyai pengetahuan yang cukup mengenai Batam, serta kebijakan dan pelaksanaan investasi serta pelaksanaan berusaha, dan mampu menciptakan iklim yang kondusif baik konsolidasi internal maupun komunikasi ke pelaku usaha dan masyarakat. (*)


Editor  : Anwar Sadat Guna
Tags
   
   bp-batam
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Badan Pengusahaan (BP) Batam menggelar Dialog Investasi dengan para pelaku usaha di Batam, Jumat (15/2/2019). Dialog yang menghadirkan Kepala BP Batam Edy Putra Irawady ..
KEPRI
BATAM, KABARBATAM.com- Sejumlah Unsur KRI Jajaran Komando Armada (Koarmada) I TNI AL dalam sepekan terakhir berhasil menangkap delapan kapal kargo dan kapal tanker asing. Ke delapan kapal tersebut ..