Sertijab Kepala BP, Edy Putra Irawadi Jamin Kepastian Berinvestasi di Batam
Rabu, 09/01/2019 17:19:39
Kepala BP Batam Edy Putra Irawadi melakukan serah terima jabatan (sertijab) dengan Lukita Dinarsyah Tuwo, di Kantor BP Batam, Rabu, 9 Januari 2019. (Foto: Humas BP Batam)

BATAM, KABARBATAM.com- Edy Putra Irawadi, Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam yang baru, melakukan serah terima jabatan (Sertijab) di Ruang Balairungsari, Gedung BP Batam, Kota Batam, Rabu (9/1/2019). 

Sertijab digelar berselang dua hari setelah Edy Putra Irawadi dilantik Dewan Kawasan Batam yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menjadi Kepala BP Batam di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (7/1/2019) lalu. 

Sertijab ini ditandai dengan  penyerahan memori jabatan berupa tugas, wewenang, dan tanggung jawab sebagai Kepala BP Batam  dari Lukita Dinarsyah Tuwo kepada Edy Putra Irawadi. 

Sementara untuk jajaran pimpinan kedeputian, Purwiyanto masih menjabat Anggota (Deputi) 1 dan Plt Angota 2, Dwianto Eko Winaryo masih man jabat Anggota (Deputi) 3 dan Plt Anggota 4 dan Anggota 5 dirangkap Kepala BP Batam. 

Seusai sertijab, Edy Putra mengatakan, dalam mengemban amanah sebagai Kepala BP Batam, ia akan menjalankan tiga tugas pokok utama. Pertama, yakni menjalankan FTZ untuk kepentingan investasi. Kedua, menyatukan in-proses bisnis PTSP, dan Ketiga menjamin kepastian dan kenyamanan berusaha melalui proses pelayanan integrasi bagi pengusaha yang eksisting maupun yang akan masuk ke Batam. Termasuk melaksanakan tugas rutin srebagai Kepala BP Batam.
 
Sesuai Perpres 1997, keberadaan PTSP tetap ada dua, yakni DPM-PTSP dan KPBPB PTSP. "Hanya penyatuan proses bisnis. Secara kelembagaan Perpres memang ada dua, namun secara proses bisnis itu disatukan. Sudah ada gedung satu, MPP Batam, agar masyarakat benar-benar mendapatkan kemudahan perizinan," ujarnya. 
 
Sementara itu, Lukita Dinarsyah Tuwo mengatakan bahwa, Batam memiliki potensi yang luar biasa. Batam harus bisa berkembang lebih besar lagi. "Ketika ada kesempatan datang ke Batam, saya ingin menjadi bagian dari masyarakat Batam, memberikan konstribusi sebagai kepala BP Batam agar daerah ini menjadi lebih baik," ujar Lukita.  

Pelayanan BP Jauh Lebih Baik

Lukita menambahkan, tantangan di Batam karena banyak yang harus diselesaikan. Bagi pimpinan BP Batam, ia bersama lima deputi berkomitmen harus bisa melakukan sesuatu. 

"Yang kurang kita perbaiki bersama-sama. Pelan-pelan kita perbaiki, terutama terkait pelayanan. Dan sekarang pelayanan jauh lebih baik. Alhamdulillah beberapa pelayan yang dulunya banyak dikeluhkan, sekarang sudah berjalan baik," ungkapnya.  

Pelayanan-pelayanan tersebut, antara lain; Izin Peralihan Hak (IPH), izin pengalokasian lahan, termasuk mengenai pencabutan lahan. "Belum lagi terkait pelayanan di Direktorat Lalu Lintas Barang dan Fatwa Planologi, semuanya berjalan baik," ujarnya. 

"Ini yang membuat saya gembira karena kami bisa memberikan pelayanan yang lebih baik bagi masyarakat Batam. Harapan kami, keberlanjutan perbaikan pelayanan terus ditingkatkan," ujarnya.  

Lukita juga berharap kepada pimpinan dan jajaran BP Batam untuk dapat mengemban tugas dengan baik, memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Batam. "Tentu ini tidak mudah, tetapi komitmen itu harus ada," tambahnya.  

"Itu yang membahagiakan bagi saya, bahwa secara organisasi BP Batam banyak mengalami kemajuan dan mampu meningkatkan pelayanan publik yang menjadi tanggung jawab BP Batam," pungkasnya. (*) 


Editor  : Aan Sahputra
Tags
   
   bp-batam
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Badan Pengusahaan (BP) Batam menggelar Dialog Investasi dengan para pelaku usaha di Batam, Jumat (15/2/2019). Dialog yang menghadirkan Kepala BP Batam Edy Putra Irawady ..
KEPRI
BATAM, KABARBATAM.com- Sejumlah Unsur KRI Jajaran Komando Armada (Koarmada) I TNI AL dalam sepekan terakhir berhasil menangkap delapan kapal kargo dan kapal tanker asing. Ke delapan kapal tersebut ..