KPU akan Umumkan Nama-nama Caleg Eks Narapidana Malam Ini
Selasa, 29/01/2019 16:41:25
Kantor KPU (Foto: detik.com)

JAKARTA, KABARBATAM.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengumumkan nama-nama calon anggota legislatif (caleg) mantan narapidana. Caleg narapidana kasus tindak pidana korupsi termasuk yang akan dipublikasikan KPU.

"Kalau nggak ada halangan hari ini, mengumumkan mantan narapidana, mantan narapidana itu case-nya kan banyak, ada korupsi, macam-macam lah," ujar Ketua KPU Arief Budiman di RRI, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (29/1/2019). 

Belum diketahui pengumuman caleg eks napi bakal dipublikasikan dalam situs KPU atau diumumkan secara langsung. KPU, menurut Arief, masih menyiapkan datanya. 

"Rencananya hari ini, nanti sore atau malam," sebut dia.

Pengumuman caleg eks koruptor atau kasus lainnya ditegaskan KPU juga sejalan dengan perintah UU Pemilu yang mengharuskan caleg berstatus eks napi mendeklarasikan diri secara terbuka. Dalam Pasal 240 ayat 1 huruf (g) disebutkan bakal caleg eks narapidana harus secara terbuka dan jujur mengemukakan kepada publik soal statusnya tersebut.

"Karena UU juga menyebutkan mereka juga harus declare, menyatakan secara terbuka," ujar Arief. (*)


Sumber  : Detik.com
Editor  : Aan Sahputra
Tags
   
   nasional-
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Badan Pengusahaan (BP) Batam menggelar Dialog Investasi dengan para pelaku usaha di Batam, Jumat (15/2/2019). Dialog yang menghadirkan Kepala BP Batam Edy Putra Irawady ..
KEPRI
BATAM, KABARBATAM.com- Sejumlah Unsur KRI Jajaran Komando Armada (Koarmada) I TNI AL dalam sepekan terakhir berhasil menangkap delapan kapal kargo dan kapal tanker asing. Ke delapan kapal tersebut ..