MPP Kota Batam Sinkronisasikan Sistem Perizinan ke OSS
Selasa, 29/01/2019 21:12:59
Suasana di Kantor Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Batam.

BATAM, KABARBATAM.com- Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Batam saat ini melakukan sinkronisasi sistem dengan Tim Kemenko Perekonomian untuk menintegrasikan beberapa pelayanan ke Online Single Submission (OSS). Hal ini dilakukan untuk lebih mempermudah pelayanan perizinan di MPP Kota Batam. 

Demikian disampaikan Kepala Dinas Penanaman Modal (DPM) Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kota Batam, Firmansyah, baru-baru ini. Pihaknya melakukan sinkronisasi sistem dengan Tim Kemenko agar pengurusan pelayanan perizinan dapat segera online ke OSS. 

"Kami koordinasi dengan Tim Kementerian Perekonomian untuk segera mengintegrasikan sistem pelayanan perizinan di MPP. Target kita beberapa pelayanan berkaitan dengan perizinan sudah bisa online dengan sistem OSS tahun ini," ungkap Firmansyah kepada Kabarbatam.com.

Saat ini tercatat sebanyak 443 pelayanan perizinan dan non perizinan  terdapat di MPP Kota Batam. Dari jumlah tersebut, sambung Firmansyah, sebanyak 71 perizinan diterbitkan Pemko Batam dan tujuh di antaranya sudah diintegrasikan dengan OSS. 

"Sudah ada beberapa perizinan yang dilakukan penyederhanaan. Dari jumlah yang kami sebutkan tadi terbagi lagi, ada yang online yakni di PTSP Pemko Batam dan offline yang melalui OSS. Sisanya terbagi di berbagai institusi, badan, dan lembaga yang ada di MPP Batam," urainya.
      
Firmansyah baru beberapa hari menjabat sebagai Kepala DPM-PTSP Batam menggantikan Gustian Riau. Gustian kini menjabat Kepala Disperindag Kota Batam. "Di awal-awal ini saya banyak konsolidasi internal. Mengumpulkan informasi dan koordinasi terkait perkembangan di MPP Batam," ujarnya.

Mantan Asisten Administrasi dan Umum Setdako Batam ini menambahkan, sejauh ini tak ada hambatan yang ia temui di lapangan karena sistem di MPP Batam berjalan baik. Seluruh staf dan petugas di MPP, kata Firmansyah, juga siap selalu memberikan pelayanan kepada masyarakat maupun pelaku usaha. 

Sekadar diketahui, berbagai pelayanan perizinan dan non perizinan ada di MPP Kota Batam. Selain pelayanan perizinan yang diterbitkan PTSP Kota Batam, berbagai perizinan juga diterbitkan PTSP Badan Pengusahaan (BP) Batam. Termasuk Ijin Investasi 3 Jam atau disingkat i23J. 

Selain Pemko dan BP Batam, beberapa instansi, badan dan perusahaan juga melayani perizinan dan non perizinan, di antaranya; Imigrasi, Samsat, Polresta Barelang, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Batam, Bea Cukai Batam, Kemenag Batam, Kejari Batam, bright PLN Batam, ATB, dan beberapa instansi lainnya. (*)



Editor  : Anwar Sadat Guna
Tags
   
   metropolitan-
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Sebanyak 16 pemanah asal Klub Panahan BIFZA ASC Kota Batam yang terbagi dalam kategori usia bawah 9 tahun, 12 tahun, dan 15 tahun turut serta dalam kejuaraan antar pelajar di ..
KEPRI
TANJUNGPINANG, KABARBATAM.com- Sejumlah orang tua asuh yang berasal dari Kecamatan Tambelan, Kabupaten Bintan, memberikan beasiswa kepada 15 siswa MTs swasta di Tambelan.  Dana ..