KPU Batam Targetkan Ribuan Pekerja di Kawasan Industri Masuk DPTb Pemilu 2019
Kamis, 31/01/2019 21:18:30
Foto ilustrasi

BATAM, KABARBATAM.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepri gencar melakukan sosialisasi tahapan Daftar Pemilih Khusus (DPK) dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) di Batam. Kali ini, KPU menyasar ribuan pekerja di kawasan industri Batam masuk dalam pendataan daftar pemilih. 

Dalam pendataan ini, KPU Provinsi Kepri menargetkan 6.400 pekerja yang tersebar di industri Kota Batam nantinya masuk dalam DPK dan DPTb. Anggota KPU Kepri beserta staf turun langsung melakukan sosialisasi itu, Kamis, 31 Januari 2019.   

"Pendataan DPK dan DPTb, sesuai tahapan proses penyempurnaan data pada Daftar Pemilih Tetap (DPT). Nantinya, di setiap kabupaten dan kota di Kepri akan dilaksanakan pada 17 Februari mendatang," ujar Komisioner Divisi Hukum KPU Kepri Widiono Agung. 

Agung mengatakan, proses ini bertujuan mengakomodir masyarakat yang belum terdaftar di DPT dan DPTHP, pada tahapan proses sebelumnya. Hal itu, kata dia, sesuai dengan Peraturan KPU No 7 tahun 2017.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Batam Syahrul Huda, mengatakan, ada banyak tantangan yang terjadi di Batam, selain masalah DPT dan DPTb. Di antaranya distribusi logistik yang cukup sulit dijangkau, dan partisipasi jumlah pemilih. 

Oleh karena itu, menurut Syahrul, pihaknya akan berusaha semaksimalkan mungkin meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu 2019.

"Berdasarkan data awal, ada sekitar 6.400 orang merupakan warga yang bukan pemegang e-KTP Batam, karena berprofesi sebagai karyawan industri yang memang didatangkan langsung oleh perusahaan dari luar daerah," ujarnya. 

"Prinsipnya KPU Batam akan jemput bola pada proses daftar pindah pilih, dalam rangka mencapai target partisipasi masyarakat di kota Batam,” tambahnya. 

Agung menambahkan, supervisi dan monitoring serta arahan tentang kondisi pemilihan di Kota Batam sangat diperlukan, karena diketahui dinamika politik sangat luar biasa terjadi di setiap daerah di Kepri.

Sekadar diketahui, partisipasi masyarakat Batam pada pemilu 2014 berkisar 47,11 persen, merupakan yang terendah se-Indonesia. "Maka pada pemungutan suara 17 April 2019 mendatang,  kami menekankan, target KPU Kepri atas partisipasi masyarakat sekitar 77,05 persen,” pungkas Agung.


Editor  : Aan Sahputra
Tags
   
   metropolitan-
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Sebanyak 16 pemanah asal Klub Panahan BIFZA ASC Kota Batam yang terbagi dalam kategori usia bawah 9 tahun, 12 tahun, dan 15 tahun turut serta dalam kejuaraan antar pelajar di ..
KEPRI
TANJUNGPINANG, KABARBATAM.com- Sejumlah orang tua asuh yang berasal dari Kecamatan Tambelan, Kabupaten Bintan, memberikan beasiswa kepada 15 siswa MTs swasta di Tambelan.  Dana ..