Realisasi Investasi 40 PMA di Batam Mencapai USD272 Juta
Selasa, 05/02/2019 22:14:42
Kawasan industri McDermott di Batuampar Batam. (Foto: nasional)

BATAM, KABARBATAM.com- Kinerja investasi di Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB) Batam mengalami peningakatan yang signifikan. Di semester I tahun 2018, realisasi investasi di Batam mencapai USD272,8 juta.   

Direktur Lalu Lintas Barang Badan Pengusahaan (BP) Batam, Tri Novianto Putra, mengatakan, sampai dengan semester I 2018, terdapat 40 Penanaman Modal Asing (PMA) masuk ke Batam. 

"Realisasi investasi dari 40 PMA tersebut mencapai USD272.876.90. Adapun rencana investor yang akan masuk ke Batam yakni 120 PMA dengan nilai investasi mencapai USD391.853.300," ujar Tri, saat hadir dalam Seminar Nasional bertajuk Meningkatkan Daya Saing Ekonomi Daerah untuk Mendorong Ekspor Nasional, di Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kepri, belum lama ini.   

Tri menambahkan, hingga semester II 2018, sudah terealisasi 525 proyek baru dengan nilai investasi Rp860,48 triliun melalui perizinan OSS. "Adapun realisasi ekspor Batam hingga Agustus 2018 mencapai USD6,231.54 juta," ujar Tri. 

Pemerintah, melalui Kementerian Perekonomian saat ini berupaya mengharmonisasi perizinan investasi di PTSP BP Batam dan Pemko Batam. Pelayanan perizinan di dua lembaga ini diharmonisasikan dalam sistem Online Single Submission (OSS) yang pelaksanaannya dikawal oleh Satuan Tugas (Satgas) dan Tim Kemenko Perekonomian. 

Kepala BP Batam, Edy Putra Irawady, mengatakan, harmonisasi pelayanan perizinan ini bertujuan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan berusaha bagi investor. Semua permasalahan yang muncul berkaitan dengan perizinan investasi, kata Edy, bisa diselesaikan di Klinik Berusaha yang terdapat di Mal Pelayanan Publik (MPP) Batam.  

"Terdapat 62 perizinan di BP Batam dan 155 perizinan usaha yang menjadi kewenangan Pemko Batam dengan dibantu Tim Kemenko Perekonomian untuk melakukan harmonisasi perizinan dengan sistem OSS," ujar Edy. (*)



Editor  : Anwar Sadat Guna
Tags
   
   bp-batam
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Badan Pengusahaan (BP) Batam menggelar Dialog Investasi dengan para pelaku usaha di Batam, Jumat (15/2/2019). Dialog yang menghadirkan Kepala BP Batam Edy Putra Irawady ..
KEPRI
BATAM, KABARBATAM.com- Sejumlah Unsur KRI Jajaran Komando Armada (Koarmada) I TNI AL dalam sepekan terakhir berhasil menangkap delapan kapal kargo dan kapal tanker asing. Ke delapan kapal tersebut ..