Mega Proyek Marina Bay, Rudi Akui Berikan Rekomendasi kepada PT KIN
Sabtu, 09/02/2019 18:54:15
Wali Kota Batam HM Rudi. (Foto: suara.com)

BATAM, KABARBATAM.com- Polemik rencana pengembangan wilayah pesisir Teluk Tering, Kota Batam, yang mencuat ke permukaan langsung direspon Wali Kota Batam HM Rudi. Ia mengakui telah memberikan surat rekomendasi kepada PT Kencana Investindo Nugraha untuk membangun wilayah tersebut. 
 
Surat rekomendasi dengan Nomor: 35/050/III/2018 tanggal 9 Maret 2018 tersebut berisikan tentang Pemanfaatan Ruang Laut dan Rencana Pengembangan Kawasan Batam Marina Bay. Rekomendasi untuk PT Kencana Investindo Nugraha itu, menurut Rudi, sudah sesuai prosedur yang berlaku.

"Jadi begini, semua orang ingin investasi nah tentu menyampaikan proposal. Proposal yang diajukan dibahas oleh tim, bukan saya saja. Bila perusahaan tersebut dinilai mampu membangun wilayah tersebut, tentu kita berikan rekomendasi," ujar Rudi, Jumat (8/2/2019).

Di dalam proposal yang diajukan PT Kencana Investindo Nugraha, perusahaan itu akan membangun kawasan bisnis dan hunian modern bernama Batam Marina Bay. "Kami hanya memberikan rekomendasi kepada Gubernur, selanjutnya akan ditindaklanjuti oleh gubernur terkait dengan izinnya," ujar Rudi.    

Ia menyampaikan bahwa, kewenangan perizinan untuk wilayah pesisir di radius 0 hingga 12 mil laut berada di pemerintah provinsi. Pihaknya mengeluarkan rekomendasi karena lokasi pembangunan berada di wilayah Batam. 

"Kami tak mau bicara lebih jauh, karena ini wilayah kekuasaan kami, maka saya berikan surat rekomendasi. Silakan perusahaan untuk pengurusan lebih lanjut dengan pemerintah provinsi,” ujarnya.

Rudi mengaku bahwa Batam Marina Bay yang akan dibangun PT  PT Kencana Investindo Nugraha tidak ada kaitannya dengan Badan Pengusahaan (BP) Batam. Apa yang dilakukan Pemko Batam, kata dia, sudah sesuai aturan yang berlaku. ''Kami berpegang pada aturan, yakni Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah," ujarnya. 

Hal ini dikatakan Rudi saat dikaitkan dengan rencana BP Batam yang juga akan membangun wilayah pesisir sekitar Teluk Tering, Batam Centre, Kota Batam. Rencana pembangunan kawasan modern yang akan dibangun BP Batam itu sebelumnya telah tertuang dalam tujuh rencana strategis, berdasarkan PP No 87/2011 tentang tata ruang Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB) Batam. Dimana salah satunya adalah rencana pembangunan kota air di kawasan Teluk Tering, Kota Batam.
 
Rudi menepis kabar bahwa rekomendasi yang ia berikan kepada PT Kencana Investindo Nugraha  itu bermuatan politis. Hal itu karena pemilik perusahaan tersebut merupakan petinggi partai politik tempat Rudi bernaung saat ini. 

"Pembangunan kawasan itu (mega proyek Batam Marina Bay) wewenang kami, bukan di BP Batam. Tidak ada hubungan langsung dengan BP Batam," kata Rudi lagi. 

"Ini (pembangunan kawasan pesisir Teluk Tering) uangnya tak sedikit, ini triliunan. Kami berikan rekomendasi karena kami nilai perusahaan tersebut mampu membangun. Intinya siapapun yang akan mengajukan proposal tentu akan kita terima," ujarnya. (*)



Editor  : Aan Sahputra
Tags
   
   metropolitan-
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Badan Pengusahaan (BP) Batam menggelar Dialog Investasi dengan para pelaku usaha di Batam, Jumat (15/2/2019). Dialog yang menghadirkan Kepala BP Batam Edy Putra Irawady ..
KEPRI
BATAM, KABARBATAM.com- Sejumlah Unsur KRI Jajaran Komando Armada (Koarmada) I TNI AL dalam sepekan terakhir berhasil menangkap delapan kapal kargo dan kapal tanker asing. Ke delapan kapal tersebut ..