Penerus Gembong Narkoba Meksiko, El Mencho Dikenal Kejam dan Punya Ribuan Preman
Minggu, 17/02/2019 21:28:21
Kepolisian Meksiko dalam penyergapan gembong narkoba. (Foto: Tempo.co)

KABARBATAM.com- Kartel narkoba Meksiko saat ini berada di bawah kendali gembong narkoba, Nemesio Oseguera-Cervantes alias El Mencho. Pria ini merupakan pengganti gembong kartel Sinaloa Joaquin -El Chapo- Sanchez kini berpotensi menjalani hukuman seumur hidup di Amerika Serikat.

El Mencho konon dikenal jauh lebih kejam dari pendahulunya. Pria ini dulunya adalah mantan petani alpukat dan penggemar sabung ayam. Satu lagi, pria ini adalah bekas polisi. Nemesio Oseguera-Cervantes alias El Mencho dikenal tak punya rasa takut sehingga dia berani menculik putra pesaingnya sendiri. 

Setelah mendirikan kartel narkoba New Generation di negara bagian Jalisco, 10 tahun lalu, dia mulai dikenal karena kekejamannya. Pada 2015, para pembunuh suruhan El Mencho mengeksekusi seorang pria dan putranya dengan meledakkan dinamit yang ditempelkan di tubuh mereka. 

Rekan kerja El Chapo, Ismael El Mayo Zambada pernah digelari pengedar narkoba terbesar di dunia. Namun, kini El Mencho (52) menjadi orang paling diburu DEA dengan harga kepala mencapai 10 juta dollar AS atau sekitar Rp 141 miliar.

Berbagai produk narkoba yang dihasilkan kartel pimpian El Mencho tak hanya membanjiri AS tetapi juga Erop, Asia, Australia, hingga ke Afrika. "Dia adalah musuh masyarakat nomor satu," kata Paul Cranie, kepada DEA di Meksiko saat penangkapan El Chapo pada 2016. "Dia juga memiliki tentara pribadi dan ribuan preman," tambah Craine. (*)



Sumber  : Kompas.com
Editor  : Andi Cahyadi
Tags
   
   
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Sebanyak 16 pemanah asal Klub Panahan BIFZA ASC Kota Batam yang terbagi dalam kategori usia bawah 9 tahun, 12 tahun, dan 15 tahun turut serta dalam kejuaraan antar pelajar di ..
KEPRI
BINTAN, KABARBATAM.com- Kemarau panjang yang melanda Kabupaten Bintan menyebabkan beberapa wilayah mengalami kekeringan. Warga yang memiliki perigi atau sumur mulai kesulitan mendapatkan air. ..