Proyeksi Batam sebagai Kota Pariwisata, Ini Masukan Komisi IV DPRD batam
Rabu, 23/01/2019 11:43:40
Anggota Komisi IV DPRD Batam, Aman (Foto: batamekbiz)

BATAM, KABARBATAM.com- Kota Batam diproyeksi menjadi salah satu kota pariwisata di Indonesia, setelah Jakarta dan Bali. Namun masih ada masalah yang perlu diselesaikan bersama, yakni mengatasi keberadaan gelandangan dan pengemis. Hal ini dinilai  menjadi hambatan.

Keberadaan gelandangan dan pengemis atau disingkat gepeng dinilai menimbulkan ketidaknyamanan bagi wisatawan mancanegara (wisman) ataupun wisatawan lokal yang datang ke Batam.

"Ketika ketemu di jalan dengan mereka (gepeng) pasti merasa tidak aman. Karena itu, hal ini harus diantisipasi sejak awal. Penertiban ini harus jadi prioritas," ujar anggota Komisi IV DPRD Kota Batam, Aman, belum lama ini.

Aman mengatakan, anggaran yang telah disiapkan melalui APBD, dipastikan mencukupi untuk penanganan gepeng. Apalagi, saat ini masih awal tahun, otomatis dana seharusnya masih siap dalam upaya penanganan tersebut.

"Dari tahun ke tahun kita sudah melihat berapa kebutuhan anggaran untuk menyelesaikan persoalan ini," kata Aman. Ia menambahkan, Pemko Batam bersama Dinas Sosial harusnya sudah bisa mengantisipasi kedatangan gepeng ke Batam.

Padahal setiap tahunnya ada yang sudah dipulangkan ke daerah asalnya, namun datang lagi.
"Artinya kontrolnya tidak berfungsi dengan baik. Saya menilai ada juga yang memobilisasi. Lalu ditempatkan di daerah tertentu. Harus dicari sampai ke akarnya kemudian ditindak secara tegas," kata  Aman. Dinas sosial juga harus bekerjasama dengan kepolisian ataupun Satpol PP dalam mengurangi keberdaan gepeng di Batam. Perlu tindakan dan solusi antisipasi sejak awal. (*)



Editor  : Andi Cahyadi
Tags
   
   parlemen
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Sebanyak 16 pemanah asal Klub Panahan BIFZA ASC Kota Batam yang terbagi dalam kategori usia bawah 9 tahun, 12 tahun, dan 15 tahun turut serta dalam kejuaraan antar pelajar di ..
KEPRI
BINTAN, KABARBATAM.com- Kemarau panjang yang melanda Kabupaten Bintan menyebabkan beberapa wilayah mengalami kekeringan. Warga yang memiliki perigi atau sumur mulai kesulitan mendapatkan air. ..