Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Syamsuar-Edy Nasution Resmi Dilantik Presiden Jokowi
Rabu, 20/02/2019 19:10:26
Proses pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau di Istana Negara, Rabu, 20 Februari 2019. (Foto: Kompas.com)

JAKARTA, KABARBATAM.com- Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, Syamsuar dan Edy Natar Nasution resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo, di Istana Merdeka, Rabu (20/2/2019). Keduanya akan menjabat untuk masa jabatan 2019-2024. 

Prosesi pelantikan diawali dengan penyerahan petikan Surat Keputusan Presiden oleh Presiden kepada Syamsuar-Edy. Penyerahan surat keputusan ini dilaksanakan di Ruang Kredensial, Istana Merdeka. 

Setelah itu, Presiden Jokowi, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Dalam Negeri, dan Syamsuar-Edy berjalan bersama-sama dari Istana Merdeka menuju ke Istana Negara untuk melaksanakan pelantikan. 
 
Sejumlah pasukan kirab lengkap dengan alat musik mengiringi perjalanan rombongan. Prosesi pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan surat Keputusan Presiden Nomor 20/P tahun 2019 tentang pelantikan Syamsuar-Edy. 

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan. Presiden Jokowi yang memimpin prosesi pengambilan sumpah jabatan ini. Berikut petikan kalimat sumpah  jabatan yang diucapkan Syamsuar-Edy,"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur/wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa." 

Selanjutnya, Syamsuar-Edy menandatangani berita acara pelantikan. Sebagai acara  penutup, Presiden,  Wakil Presiden, serta seluruh tamu undangan memberikan ucapan selamat kepada Syamsuar-Edy. 
 
Pasangan ini memenangi Pilgub Riau pada 2018. Hasil rekapitulasi suara dari 12 kabupaten dan kota di Riau, pasangan nomor urut 1 Syamsuar-Edy Natar meraih 799.289 suara. Pasangan yang diusung Partai PAN, PKS, dan NasDem ini unggul di 9 kabupaten/kota dan menyingkirkan tiga pasangan calon lainnya.

Seusai pelantikan, Presiden Jokowi menginstruksikan kepada Gubernur Riau Syamsuar agar bergerak cepat dalam mencegah kebakaran hutan di Provinsi Riau.

Sementara itu, Syamsuar menyatakan dukungannya untuk pasangan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Maruf Amin di Pemilihan Presiden 2019. Hal ini disampaikan Syamsuar kepada wartawan seusai dilantik. "Saya berharap beliau bisa dua periode," kata Syamsuar. 

Presiden Jokowi, menurut Syamsuar, sudah banyak berkontribusi untuk Riau selama 4,5 tahun kepemimpinannya, dari segi pembangunan infrastruktur hingga reformasi agraria. "Misalnya seperti tadi, kan jalan tol ke Padang belum selesai. Kan program beliau tol Sumatera. Kemarin saya dapat informasi lagi nanti ada tol Riau ke Jambi. Pekerjaan-pekerjaan ini kan masih perlu dilanjutkan," kata Syamsuar. 

Syamsuar diusung oleh Partai Nasdem, Partai Keadilan Sejahtera, dan Partai Amanat Nasional saat maju di pemilihan gubernur Riau 2018 bersama Edy Natar Nasution. (*)


Editor  : Andi Cahyadi
Tags
   
   riau
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Sebanyak 16 pemanah asal Klub Panahan BIFZA ASC Kota Batam yang terbagi dalam kategori usia bawah 9 tahun, 12 tahun, dan 15 tahun turut serta dalam kejuaraan antar pelajar di ..
KEPRI
BINTAN, KABARBATAM.com- Kemarau panjang yang melanda Kabupaten Bintan menyebabkan beberapa wilayah mengalami kekeringan. Warga yang memiliki perigi atau sumur mulai kesulitan mendapatkan air. ..