Caleg PSI Tanjungpinang Ranat Mulia Pardede Divonis Bebas
Sabtu, 09/03/2019 17:53:04
Calon anggota legislatif (caleg) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Tanjungpinang, Ranat Mulia Pardede (kemeja putih) divonis bebas oleh PN Tanjungpinang, Jumat (8/3/2019) malam. (Foto: Kepridays.co.id)

TANJUNGPINANG, KABARBATAM.com- Calon anggota legislatif (caleg) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Tanjungpinang, Ranat Mulia Pardede divonis bebas oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang.

Awani Setyowati SH, yang didampingi hakim anggota Monalisa Anita T. Siagian SH dan Hendah Karmila Dewi SH membacakan vonis tersebut di ruang sidang utama PN Tanjungpinang, Jumat (8/3/2019) malam.

Sekadar diketahui, Ranat merupakan caleg Daerah Pemilihan (Dapil) 1 Tanjungpinang Barat-Kota. Dia adalah caleg  Partai Soildaritas Indonesia (PSI). Sebelumnya, dia didakwa melakukan tindak pidana Pemilu yakni kampanye di Kampus STIE Tanjungpinang, beberapa waktu lalu.

Dalam amar putusanya, hakim Awani mengatakan, terdakwa tidak terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan pidana Pemilu berupa kampanye di Kampus STIE Pembangunan Tanjungpinang, sebagaimana dalam dakwaan tunggal jaksa penunut umum (JPU).

“Terdakwa tidak terbukti melakukan tindak pidana Pemilu seperti dalam dakwaan jaksa penuntut umum, sehingga terdakwa dibebaskan,” ujar hakim Ketua.

Atas putusan tersebut, JPU dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjungpinang, Zald Akri, menyatakan pikir-pikir selama tiga hari.

JPU, dalam dakwaannya, menuntut terdakwa dengan pidana penjara enam bulan penjara dengan masa percobaan satu tahun dan denda Rp24 Juta, subsider satu bulan. (*)


Editor  : Aan Sahputra
Tags
   
   tanjungpinang
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Sebanyak 16 pemanah asal Klub Panahan BIFZA ASC Kota Batam yang terbagi dalam kategori usia bawah 9 tahun, 12 tahun, dan 15 tahun turut serta dalam kejuaraan antar pelajar di ..
KEPRI
BINTAN, KABARBATAM.com- Kemarau panjang yang melanda Kabupaten Bintan menyebabkan beberapa wilayah mengalami kekeringan. Warga yang memiliki perigi atau sumur mulai kesulitan mendapatkan air. ..