Banyak Alumni Caleg, HMI Batam Tak Berpolitik Praktis Hadapi Pemilu 2019
Minggu, 10/03/2019 13:18:51
Ketua Umum HMI Cabang Batam, Charlyesman Dalimunthe, usai acara Pelantikan Pengurus HMI cabang Batam periode 2018-2019, di Asrama Haji Kota Batam, Sabtu (9/3/2019). (Foto: Kabarbatam.com: Yuyun)

BATAM, KABARBATAM.com- Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Batam menegaskan bahwa organisasi HMI tidak akan terlibat dalam politik praktis, meski saat ini banyak kader dan alumni HMI maju sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. 

Hal itu disampaikan Ketua Umum HMI Cabang Batam, Charlyesman Dalimunthe, usai acara Pelantikan Pengurus HMI cabang Batam periode 2018-2019, di Asrama Haji Kota Batam, Sabtu (9/3/2019).

Pelantikan tersebut dipimpin oleh Ketua Umum PB HMI yang diwakili oleh Fauzi Marasi Bessi, dan juga dihadiri oleh Ketua Badko Kepri, Andre Fitrianto, serta tamu undangan di antaranya Walikota Batam diwakili oleh Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman dan Pertamanan Herman Rozie, serta pejabat dan kader maupun tokoh HMI Batam.  

"Untuk Pemilu Legislatif (Pileg), khususnya Batam, banyak sekali alumni HMI yang maju sebagai calon anggota legislatif, namun kami tegaskan bahwa HMI tetap netral dan tidak berpolitik praktis," ujar Charlyesman. 

Meski demikian, HMI akan turun langsung mengawal pelaksanaan pemilu supaya berlangsung lancar, jujur dan adil. Masyarakat dapat secara bebas menentukan pilihannya. HMI juga mengapresiasi Bawaslu, KPU, dan Polri yang telah berikrar atau berjanji untuk melaksanakan Pemilu yang langsung, umum, bebas, jujur dan adil.

Bersama-sama menjaga pelaksanaan pemilu yang bersih, jauh dari politik sara maupun politik uang, serta melaksanakan pemilu sesuai ketentuan Undang-Undang.

Charlyesman juga menghimbau kepada seluruh kader HMI agar tidak golput dan menggunakan hak pilihnya sesuai dengan hati nurani masing-masing. 

Sebagai bentuk partisipasi, HMI sebelumnya sudah mengirimkan beberapa delegasi dari kader HMI untuk menjadi relawan demokrasi, serta menjadi pengawas dalam pelaksanaan Pemilu legislatif. 

"Sudah ada beberapa kader yang berkontribusi dalam mengawal pelaksanaan pemilu, baik di TPS saat Pileg maupun di tingkat kecamatan atau kota/kabupaten, yang penting tidak terikat dengan aturan yang melanggar Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga HMI," ujarnya. (yun) 


Editor  : Andi Cahyadi
Tags
   
   batam
   
   metropolitan-
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Sebanyak 16 pemanah asal Klub Panahan BIFZA ASC Kota Batam yang terbagi dalam kategori usia bawah 9 tahun, 12 tahun, dan 15 tahun turut serta dalam kejuaraan antar pelajar di ..
KEPRI
BINTAN, KABARBATAM.com- Kemarau panjang yang melanda Kabupaten Bintan menyebabkan beberapa wilayah mengalami kekeringan. Warga yang memiliki perigi atau sumur mulai kesulitan mendapatkan air. ..