Kodim 0316/Batam Gelar Apel Siap Gerak Pasukan Pengamanan Pemilu 2019
Selasa, 12/03/2019 01:09:58
Jajaran Kodim 0316/Batam melaksanakan Apel Siap Gerak Pasukan Dalam Rangka Pengamanan Pemilu 2019, Senin (11/3/2019). (Foto: Kabarbatam.com: Aditya

BATAM, KABARBATAM.com- Jajaran Kodim 0316/Batam melaksanakan Apel Siap Gerak Pasukan Dalam Rangka Pengamanan Pemilu 2019, Senin (11/3/2019).  Apel ini diikuti unsur TNI AD, TNI AL, dan TNI AU, bertempat di lapangan Makodim 0316 /Batam. 

Komandan Kodim (Dandim) 0316/Batam, Letkol Inf Romel Jangga Wardhana menyampaikan pesan Danrem 033/Wira Pratama, Brigjen TNI Gabriel Lema, dalam apel kesiapan pasukan pengamanan Pemilu legislatif dan Presiden tahun 2019 di wilayah Kepri, dalam suasana keakraban dan kebersamaan.

"Adalah suatu penghormatan dan penghargaan bagi kita dapat hadir dalam rangka apel kesiapan gerak pasukan pengamanan Pemilu legislatif dan Presiden tahun 2019, dalam komitmen kebersamaan demi kepentingan bangsa dan negara dapat tetap terjaga dengan baik," ucap Romel menyampaikan pesan Danrem Brigjen TNI Gabriel Lema.

Masih dalam sambutan Danrem yang dibacakan Dandim  0316/Batam bahwa penyelenggaraan Pemilu legislatif dan Pemilihan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI sudah di depan mata. Pesta demokrasi ini akan digelar pada 17 April 2019. 

"Untuk  mengantisipasi terjadinya konflik di lapangan saat pelaksanaan Pemilu, perlu menyiapkan dan melatih kesiapsiagaan untuk menghadapi berbagai kemungkinan terjadi pada pelaksanaan pemilu legislatif dan pemilihan Presiden tersebut, " ujar Romel.

Korem 033/WP, menurut Gabriel bahwa bagian dari intitusi yang mempunyai tugas dan kewajiban menjaga kedaulatan negara dengan peran aktif membantu Polri dan pemerintahan daerah.

Untuk menciptakan stabilitas wilayah yang dapat mengganggu pelaksanaan Pemilu, sebagai prajurit yang memiliki disiplin tinggi, para prajurit dituntut harus mampu melaksanakan tugas dengan baik dan memahami tugas sesuai tanggung jawabnya,dengan tetap menjaga nama baik TNI di lapangan sebelum dan sesudah pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Presiden.

"untuk itu, kita semua harus dapat melakukan langkah antisipasi dengan melakukan deteksi dini dan lapor cepat terhadap segala perkembangan situasi, kemudian melakukan tindakan pencegahan sesuai prosedur hukum yang berlaku pada koordinasi dan kerjasama yang baik antara satuan dan instansi yang terkait, " tegas Romel.

Harapan Brigjen TNI Gabriel Lema, yang disampaikan Letkol Inf Romel Jangga Wardhana, yakni sama-sama berdoa dan semuanya dapat berjalan dengan sukses dan aman dalam melaksanakan tugas dan melanjutkan pengabdian yang terbaik kepada bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia.

Selain itu, Romel, juga menghimbau kepada para prajurit untuk menjaga netralitas dalam Pemilu legislatif dan tidak mudah terprovokasi dengan teman maupun lingkungan sekitar.

Secara umum kegiatan yang melibatkan TNI dalam Pemilu, apapun yang di kerjakan, TNI harus berkoordinasi dengan Polri dan kegiatan - kegiatan yang antisipasi cukup tinggi maka harus meminta bantuan dari kepolisian 

Kegiatan apel tersebut juga dihadiri Ketua Bawaslu Kota Batam, Syailendra Reza Irwansyah Rezeki menyampaikan bahwa terlibatnya TNI dalam menjaga keamanan Pemilu sudah sesuai dengan peraturan.

Reza berharap, pada Pileg dan Pilpres 2019 mendatang, semoga menjadi satu kesatuan yang lebih baik lagi, sehingga Pemilu yang berlangsung nanti berjalan aman, damai, dan tenteram.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Agus Setiawan menyamput baik keterlibatan TNI dan Polri dalam berperan menjaga keamanan dan kenyamanan saat Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Menurutnya, jangan ada salah paham, dengan adanya TNI dan Polri bukan untuk menakut - nakuti. Tetapi untuk menjaga keamanan dan kenyamanan bersama.

"Saya menghimbau kepada masyarakat supaya meramaikan pesta demokrasi tersebut datang ke Tempat Pemungutan suara (TPS), serta gunakan hak pilihnya dan keluarkan aspirasi. Beda pilihan boleh tetapi harus tetap rukun, jaga keamanan dan kenyamanan kita bersama dalam menyambut pemilu ini," himbaunya. (dit)


Editor  : Andi Cahyadi
Tags
   
   batam
   
   metropolitan-
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Sebanyak 16 pemanah asal Klub Panahan BIFZA ASC Kota Batam yang terbagi dalam kategori usia bawah 9 tahun, 12 tahun, dan 15 tahun turut serta dalam kejuaraan antar pelajar di ..
KEPRI
BINTAN, KABARBATAM.com- Kemarau panjang yang melanda Kabupaten Bintan menyebabkan beberapa wilayah mengalami kekeringan. Warga yang memiliki perigi atau sumur mulai kesulitan mendapatkan air. ..