Sinarmas Land Bangun Kawasan Ekonomi Digital di Batam
Selasa, 12/03/2019 20:25:13
Sinarmas Land menjalin kerja sama dengan Citramas Group, Batam, membangun sebuah komersial area di Nongsa, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau. (Foto: Sinarmas Land)

BATAM, KABARBATAM.com- Sinarmas Land menjalin kerja sama dengan Citramas Group, Batam, membangun sebuah komersial area di Nongsa, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Di area seluas 8 hektare (Ha) itu, kedua perusahaan akan membangun kawasan ekonomi digital di Batam.

Pembangunan kawasan komersial di Nongsa ini disampaikan Steven Japari, General Manager Palm Spring Golf & Resort. Steven mengatakan, penandatanganan kerja sama atau MoU antara Sinarmas Land dengan Citramas Group tersebut dilangsungkan di Singapura, belum lama ini. 

Pembangunan proyek akan dimulai pada kuartal ketiga di 2019. "Kami bersama Citramas Group akan membangun kawasan komersial area di Nongsa. Saat ini kami sedang dalam tahap membuat  planningnya. Kami menggandeng Surbana Jurong sebagai master plannernya," ungkap Steven. 

Project coordinator Nuvasa Bay, Nongsa, ini mengatakan, area seluas 8 hektare tersebut akan dikembangkan sebagai jembatan digital yang menghubungkan Indonesia dan Singapura. Selain itu, juga sebagai kawasan ekonomi digital untuk menarik perhatian perusahaan-perusahaan digital dan teknologi domestik maupun internasional. 

Potensi ini dilihat sebagai sebuah kesempatan yang bagus dalam mendorong ekonomi digital sebagai tulang punggung ekonomi Indonesia di masa depan. 

Sinarmas Land, melalui PT AFP Dwilestari, dan Citramas Group, melalui PT Taman Resor Internet akan mengembangkan kawasan di Nongsa tersebut dengan total investasi senilai Rp350 miliar untuk jangka waktu satu dekade ke depan. 

Komposisi kepemilikan saham di proyek ini adalah Sinarmas Land sebesar 50% dan Citramas Group sebesar 50%. Lokasi strategis Nongsa, Kota Batam, dapat diakses dalam 30 menit dari Singapura dengan menggunakan kapal ferry dan 15 menit dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam. 

Hal tersebut menjadi pertimbangan bagi kedua perusahaan untuk mengembangkan kawasan bisnis digital. Kelebihan itu menarik para pelaku industri digital yang menginginkan lokasi yang dekat dengan Singapura, serta ketersediaan para pekerja teknologi digital dengan harga yang kompetitif. 

Pembangunan ini juga akan membantu perkembangan ekonomi digital di Batam dan membuka sekitar 2.000 lapangan kerja baru di bidang tersebut.

Kawasan tersebut nantinya akan dilengkapi dengan perkantoran dan area penunjang lainnya, seperti pusat perbelanjaan, pusat pelatihan digital, sekolah, rumah susun, dan rumah sakit untuk mendukung kebutuhan hidup masyarakat dan pekerja.

Sebelumnya, Sinarmas Land maupun Citramas Group telah mengembangkan beberapa fasilitas di sekitar area Nongsa, Batam. Di antaranya Palm Spring Golf & Resort, Nuvasa Bay, Sea Forest, The Nove Residences, dan juga ada Nongsa Digital Park (NDP). (*) 


Editor  : Anwar Sadat Guna
Tags
   
   batam
   
   bisnis
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Sebanyak 16 pemanah asal Klub Panahan BIFZA ASC Kota Batam yang terbagi dalam kategori usia bawah 9 tahun, 12 tahun, dan 15 tahun turut serta dalam kejuaraan antar pelajar di ..
KEPRI
BINTAN, KABARBATAM.com- Kemarau panjang yang melanda Kabupaten Bintan menyebabkan beberapa wilayah mengalami kekeringan. Warga yang memiliki perigi atau sumur mulai kesulitan mendapatkan air. ..