Belasan Pekerja Asing PT San Hai Plastics Kabur ke Hutan Bakau
Rabu, 13/03/2019 17:26:37
Kepala Imigrasi Kelas I Kota Batam, Lucky Agung Binarto, Selasa (12/3/2019) saat menggelar konpres terkait TKA yang diamankan di PT San Hai Plastics. (Foto: Kabarbatam.com: Yuyun)

BATAM, KABARBATAM.com- Petugas Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam mengamankan delapan orang tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok yang bekerja di PT San Hai Plastics, Kawasan Industri Putra Perkasa Harapan Jaya, Tanjunguncang, Kota Batam.

Dari delapan warga asing asal Republik Rakyat Tiongkok (RRT) yang diamankan petugas, lima orang di antaranya dibebaskan. Sedangkan tiga lainnya diproses lebih lanjut. Ketiganya ditahan karena tidak memiliki izin kerja sesuai ketentuan.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam, Lucky Agung Binarto, mengungkapkan, saat dilakukan pengawasan Keimigrasian terhadap PT. San Hai Plastics, diduga kuat ada sekitar 20 tenaga kerja asing di perusahaan tersebut.

"Namun saat dilakukan pemeriksaan, mereka telah melarikan diri menuju ke hutan bakau yang ada di belakang perusahaan. Delapan orang di antaranya diamankan," ungkap Lucky, saat menggelar konferensi pers di Kantor Imigrasi, Selasa (12/3/2019) malam lalu.

Hingga saat ini, kata Lucky, petugas Imigrasi masih mencari keberadaan beberapa TKA yang diduga telah melarikan diri ke hutan bakau di belakang perusahaan. Tim Imigrasi sedang melakukan pengejaran terdahap belasan orang tersebut. 

Lucky menegaskan, jika ditemukan bukti kuat adanya pelanggaran Keimigrasian yang dilakukan para TKA tersebut, terhadap mereka akan diberikan tindakan berupa Tindakan Administratif Keimigrasian (TAK).

"TAK tersebut berupa deportasi dari wilayah Indonesia sebagaimana dimaksud Pasal 75 ayat (1) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian," tegasnya. (yun) 


Editor  : Andi Cahyadi
Tags
   
   batam
   
   metropolitan-
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Sebanyak 16 pemanah asal Klub Panahan BIFZA ASC Kota Batam yang terbagi dalam kategori usia bawah 9 tahun, 12 tahun, dan 15 tahun turut serta dalam kejuaraan antar pelajar di ..
KEPRI
BINTAN, KABARBATAM.com- Kemarau panjang yang melanda Kabupaten Bintan menyebabkan beberapa wilayah mengalami kekeringan. Warga yang memiliki perigi atau sumur mulai kesulitan mendapatkan air. ..