Basarnas Tanjungpinang Kerahkan Armada Cari Nelayan Hilang usai Memancing

Foto ilustrasi

TANUNGPINANG, KABARBATAM.com– Upaya pencarian terhadap seorang pemancing, La Samuli (30) belum membuahkan hasil. Warga Kampung Harapan Baru, Desa Teluk Sasa, Kecamatan Sri Kuala Lobam, Kabupaten Bintan, belum ditemukan saat dalam perjalanan pulang seusai memancing, Minggu, 28 April 2019.

Pada hari pertama pencarian yang dilakukan Basarnas Tanjungpinang bersama Tim SAR Gabungan masih nihil. Penyisiran dilakukan sampai dengan 1.2 neutical mil (NM) dari seputaran lokasi kejadian. Pencarian dilanjutkan pada Selasa 29 April 2019.

Kepala Seksi (Kasi) Operasi Basarnas Tanjungpinang Eko Supriyanto mengatakan, kronologi kejadian yakni korban bersama temannya pergi memancing dengan sampan berbeda. Lokasi memancing di sekitar perairan Anak Lobam. Sekitar pukul 23.30 WIB, cuaca mulai berubah. Angin sudah mulai kencang.

Bersamaan dengan itu, rekannya yakni La Ali memutuskan istirahat dengan berlindung di pulau. Ia mengajak La Samuli untuk istirahat di pulau tersebut. Namun korban memutuskan melanjutkan perjalanan menuju arah pulang.

Eko mengatakan aksi yang dilakukan yakni penunjukan SMC KKS. Tanjungpinang lalu bergerak ke lokasi pencarian mulai 28 April 2019 sekitar pukul 14.45 WIB. Tim langsung berkoordinasi kepada Pos TNI AL dan Pol Air Polres Bintan dan langsung melakukan penyisiran di lokasi. SRU bersama unsur Potensi melaksanakan Brifing untuk melanjutkan penyisiran.

Sekitar pukul 19.15 G Tim SAR melanjutkan penyisiran di area lokasi kejadian. Kemudian Tim SAR Gabungan menghentikan pencarian sementara dengan hasil nihil. Penyisiran dilakukan sampai dengan 1.2 NM dari seputaran Lokasi Kejadian dan akan di lanjutkan pada Selasa, 29 April 2019.

“Unsur SAR Gabungan yakni KS. Tanjungpinang, Pos TNI AL Lobam, TNI AL Mentigi Tanjunguban, Pol Air Polres Bintan, dan masyarakat setempat,” ujar Eko.

Adapun alat utama yang digunakan; Rescue Boat 209, Sekoci Rescue Boat 209, Speed Boat milik Pos TNI AL Lobam, Speed Boat milik Pol Air Polres Bintan, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Speed Boat milik TNI AL Mentigi Tanjunguban, Pompong Nelayan, Perlengkapan pendukung lainnya. Sekitar pukul 16.00 WIB, pencarian masih terus dilakukan. “Masih nihil dan saat ini masih melakukan pencarian,” pungkas Eko. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here