Hanura Batam Buka Peluang Mengusung Calon di Pilkada Serentak 2020

Iwan Krisnawan, Ketua DPC Hanura Kota Batam. (Foto: Koran Sindo)

BATAM, KABARBATAM.com– Pilkada Serentak akan dihelat pada tahun 2020 mendatang. Batam, salah satu daerah yang akan menggelar pilkada ini. Sejumlah figur pun mulai bermunculan meramaikan kontetasi politik daerah ini.

Beberapa nama telah masuk dalam poling dan mendapat respon positif dari masyarakat. Mereka mewakili kalangan politisi, birokrat, dan ada juga pengusaha dan kader parpol.

Beberapa nama itu, di antaranya petahanan HM Rudi, Iman Sutiawan, Lukita Dinarsyah Tuwo, Ria Saptarika, Syamsul Bahrum, dan terdapat nama mantan Menpan RB Asman Abnur.

Kontestasi politik ini rupanya mulai menarik perhatian sejumlah kalangan, termasuk politisi. Bahkan, Ketua DPC Hanura Kota Batam Iwan Krisnawan juga mulai menaruh perhatian pada Pilwako Batam 2020 mendatang.

“Meski masih setahun lagi, tetapi tak ada salahnya kita mulai mendiskusikan ini. Terlebih, jika kita berbicara calon-calon yang potensial maju di Pilwako Batam,” ujar Iwan saat berbincang dengan wartawan, Selasa (30/4/2019).

Iwan mengatakan, ada beberapa bakal calon walikota yang potensial untuk maju. Selain nama-nama yang sudah disebutkan, ada beberapa nama lagi yang mungkin luput dari publik.

“Di antaranya, Muslim Bidin, Ruslan Ali Washim, dan Kamza Bakri. Ini adalah tokoh atau figur yang mewakili melayu. Mereka tentu nama yang tak asing lagi di masyarakat Batam,” ujarnya.

Selain tiga nama itu, tentunya Iwan sendiri juga memiliki potensi sama untuk maju di pilwako. Namun pihaknya akan mencermati dinamika politik Batam menjelang Pilwako 2020. Pihaknya juga akan membuka komunikasi politik dengan parpol atau figur yang berpotensi maju. Di antaranya dengan Iman Sutiawan, dan figur atau tokoh lainnya.

“Ada tiga syarat bagi seseorang untuk maju, yakni elektabilitas, kapabilitas, dan integritas. Jangan lupa satu lagi yakni isi tas,” ujarnya sembari tertawa. Bagi seseorang yang akan maju, kata Iwan, sudah mutlak untuk mempelajari dan mencermati elektabilitasnya .

“Ini tolak ukur pertama bagi seseorang bila ingin maju,” ujarnya. Sebagai pimpinan parpol di Batam, Iwan juga mengikuti perkembangan kontestasi politik Pemilu 2019. Tak hanya perolehan suara parpol tingkat kota Batam, tetapi juga perolehan suara caleg Hanura untuk DPRD Batam.

Partai Hanura sendiri, sambung Iwan, menargetkan meraih enam kursi di DPRD Batam. “Target kita, ada wakil dari tiap dapil di Batam. Kita punya enam dapil di Batam,” ujarnya. Meski berat, namun pihaknya optimis target tersebut bisa tercapai.

“Dari perolehan sementara yang kami himpun hingga saat ini, kami berada di kisaran empat persen. Harapan kita angka ini bergerak dan naik terus,” kata Iwan.

Dengan perolehan suara di kisaran empat persen, Hanura Batam pada Pilwako 2020 mendatang dapat berbuat lebih. “Minimal kami bisa mengusulkan atau ikut mengusung nama bakal calon walikota Batam 2020,” ujarnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here