Kasat Narkoba Polres Siak Ditembak saat Amankan Kerusuhan di Rutan

Rutan Siak, Provinsi Riau terbakar. (Foto: Antara)

PEKANBARU, KABARBATAM.com– Kepala Satuan (Kasat) Narkoba Polres Siak AKP Jaelani tertembak saat terjadi kerusuhan di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II-B Siak Sri Indrapura, Provinsi Riau. AKP Jaelani saat ini dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Siak.

Seperti dilansir Antara, Sabtu (11/5/2019), kerusuhan yang terjadi pada dini hari itu sangat mencekam. Sejumlah batu dilemparkan ke arah petugas kepolisian dan pemadam kebakaran yang berusaha memadamkan api.

Saat mobil pemadam kebakaran tiba di rutan, tahanan yang berada di dalam gedung tampak agresif. Selain itu, sejumlah titik api muncul di beberapa sudut bangunan gedung.

Melihat hal itu, AKP Jaelani langsung mengambil alih barisan depan petugas kepolisian yang berusaha menenangkan keributan dari luar pintu masuk rutan. Polisi saat itu mencoba menenangkan warga binaan karena tidak terima perlakuan sipir.

“Semuanya harap tenang, jangan ada yang berbuat anarkis,” kata AKP Jaelani. Namun AKP Jaelani malah ditembak di bagian lengan. Seluruh petugas kepolisian yang berada di lokasi langsung membawa Jaelani ke rumah sakit. Belum diketahui pihak yang melepaskan tembakan tersebut.

Kebakaran di Rutan Siak Riau ini terjadi sekitar pukul 02.00 WIB. Api bisa dipadamkan petugas sekitar pukul 05.00 WIB. Kerusuhan dan kebakaran di Rutan Siak ini diduga dipicu adanya pemukulan dari seorang sipir terhadap tiga tahanan.

Para tahanan itu diamankan setelah petugas melakukan razia dan menemukan narkoba di sel blok wanita. Tahanan mengamuk dan menjebol pintu sel rutan. Petugas sipir kewalahan dan meminta bantaun polisi. Ratusan warga binaan diduga kabur.

“Polisi bersama petugas Rutan Siak kemudian melakukan penyisiran dan berhasil menangkap puluhan tahanan, sebagian menyerahkan diri. Saat ini masih ada sekitar 25 warga binaan kabur dan masih dilakukan pencarian,” ujar Wakapolres Siak. (dtc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here