DPRD Batam Ingatkan Kepsek Kelola dengan Baik Dana BOS

Anggota Komisi IV DPRD Kota Batam, Udin P Sihaloho.

BATAM, KABARBATAM.com– Komisi IV DPRD Kota Batam meminta kepala sekolah di semua tingkatan agar tidak main-main dalam mengelola dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang dialokasikan pemerintah.

Anggota Komisi IV DPRD Batam Udin P Sihaloho juga menekankan agar kepala sekolah berhati-hati dalam mengunakannya karena di beberapa kabupaten/kota, banyak kepala sekolah telah dijerat dalam operasi tangkap tangan (OTT).

Udin mengatakan, di daerah Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, mislanya, belasan kepala sekolah diamankan dalam OTT terkait dana BOS. “Oleh karena itu, saya ingatkan agar di Kota Batam jangan sampai terjadi,” ucap Udin dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) terkait realisasi pengunaan dana BOS tahun anggaran 2018 dan 2019.

RDPU ini digelar bersama Dinas Pendidikan Kota Batam, Inspektorat Kota Batam, UPT Disdik Kecamatan Galang, dan kepala SMP dan SD se-Kecamatan Galang dan Bulang, Senin, (13/5/2019), di ruangan rapat Komisi IV DPRD Kota Batam.

Menurut Udin, selain pengunaan dana BOS, pembuatan laporan harus riil karena informasi yang diperoleh di lapangan banyak dari sekolah tersebut untuk laporannya hanya berupa copy paste saja dari sekolah lain.

Udin mengatakan, kepala sekolah diberikan beban tanggung jawab mengelola dana BOS, tapi bukan berarti dengan cara mengutak-atik bagian dana anak yang tidak mampu. Apalagi di daerah hinterland. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here