Cara Melacak Smartphone Android yang Hilang melalui Google Maps

Foto ilustrasi Google maps offline di iOS. (Foto: merdeka.com)

KABARBATAM.com– Smartphone sudah menjadi “teman” bagi setiap orang. Kemana-mana, mesti membawa handphone, terutama saat sedang bekerja di kantor atau sekadar beraktivitas dan nongkrong bersama kawan-kawan.

Lantas bagaimana jadinya jika smartphone Anda hilang? Jangan panik dulu. Anda ternyata bisa melacaknya hanya dengan bantuan aplikasi Google Maps.

Belakangan diketahui kalau Google dapat melacak keberadaan smartphone pengguna yang hilang melalui aplikasi Google Maps. Uniknya, fitur ini dapat menyediakan layanan untuk melacak lokasi sesuai waktu.

Sebelum masuk ke cara untuk melacak smartphone yang hilang via Google Maps, pastikan kondisi internet terhubung ke smartphone atau desktop. Selain itu, pastikan juga Anda sudah login dan memasukkan kata sandi ke dalam Google Maps.

Mengutip informasi laman Gadgets Now, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melacak smartphone yang hilang via Google Maps.

1. Anda bisa beranjak situs www.maps.google.commelalui desktop, atau bisa juga membuka aplikasi Google Maps secara langsung
2. Lalu, login dengan akun Google yang tersedia di smartphone Anda
3. Kemudian, klik ikon bar berbentuk horizontal yang terletak di sudut kanan atas
4. Selanjutnya pilih opsi “your timeline”
5. Pada direktori your timeline, Anda bisa memasukkan hari, bulan, dan tahun sesuai dengan lokasi yang ingin Anda lihat
6. Maps akan otomatis menampilkan riwayat lokasi smartphone Anda, beserta lokasi terkini

Sekedar informasi, fitur ini dapat berfungsi dengan baik jika perangkat Anda dalam kondisi menyala dan menyalakan fitur location. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here