WhatsApp Sedang Kembangkan Fitur Penghapusan Pesan Otomatis

Foto ilustrasi

Kabarbatam.com– WhatsApp terus berinovasi dengan mengembangkan fitur-fitur baru. Nah, saat ini WhatsApp sedang mengembangkan fitur baru untuk memberi layanan bagi penggunanya.

Fitur ini berupa mode yang memungkinkan pengguna untuk mengatur pesan yang dikirim untuk terhapus sendiri setelah periode waktu yang ditentukan. Fitur semacam ini kerap dikenal dengan istilah “self-destruct.”

Fitur yang diberi nama “disapperaring messages” ini pertama kali muncul di WhatsApp versi 2.19.275 khusus Android. Namun fitur ini belum berlaku untuk siapa saja.

1. Pentingnya Opsi Penghapusan Pesan Otomatis

Chat yang bisa terhapus secara otomatis ini adalah fitur yang bermanfaat. Terutama bagi siapa saja yang ingin mengirim informasi sensitif, dan tidak ingin informasi tersebut beredar secara permanen.

Sebelumnya, fitur ini ada di Telegram. Di aplikasi chat besutan developer Rusia ini, Anda diberi opsi penghapusan otomatis di salah satu fiturnya yakni Secret Chat. Gmail juga memberi fitur serupa kala melakukan redesain tahun lalu.

2. Cara Kerja

Fitur yang ada dalam aplikasi WhatsApp ini nampaknya masih dalam pengembangan, dan kemungkinan bisa berubah.

Untuk saat ini, Anda telah bisa mengatur pesan untuk dihapus selama 5 detik, atau satu jam. Tidak ada di setelan di antaranya. Anda cuma bisa memilih dua opsi waktu tersebut.

Selain itu, opsi ini hanya berlaku di chat group saja. Dengan ini Anda harus berkomitmen untuk tiap chat Anda akan terhapus jika Anda mengaktifkan mode ini.

Belum diketahui kapan fitur ini tersedia untuk semua orang. Yang jelas, WhatsApp kini makin mengedepankan privasi dan keamanan dengan adanya fitur ini. (mdk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here