Manfaat Kulit Jeruk bagi Kecantikan

Foto ilustrasi

Kabarbatam.com- Kulit jeruk mungkin dipandang sebagai limbah oleh sebagian besar orang. Padahal kulit jeruk ternyata memiliki banyak manfaat, baik untuk kesehatan atau kecantikan.

Kulit jeruk mengandung 136 mg vitamin C, sementara daging buahnya hanya mengandung 71 mg vitamin C. Kulit jeruk juga mengandung flavonoid dan berbagai fitokimia yang penting bagi tubuh.

Berikut manfaat kulit jeruk:
1. Menjadikan Kulit Cerah
Kulit jeruk mengandung minyak alami yang diperkaya vitamin C. Menggunakan kulit jeruk sebagai campuran masker atau scrub akan menjadikan kulit cerah dan bebas kusam.

2. Membantu Regenerasi Kulit
Kulit jeruk mengandung lactic acids yang berguna untuk mengelupas sel kulit mati.

3. Membantu Diet
Kulit jeruk diketahui bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh yang aktif akan membantu Anda menurunkan berat badan. Mengonsumsi kulit jeruk yang sudah diolah menjadi bubuk sangat baik jika Anda sedang kelebihan berat badan dan ingin menurunkannya.

4. Menstimulasi Kulit
Kulit jeruk yang dicampur air hangat untuk mandi, rendaman kaki, atau facial steam akan membantu merangsang kulit dengan nutrisi-nutrisinya.

5. Menjadikan Kuku Berkilau
Minyak alami yang terdapat di dalam kulit jeruk akan menjadikan kuku berkilau. Gosok kulit yang masih segar pada kuku Anda.

6. Mengatasi Ketombe
Minyak alami dan sifat asam kulit jeruk akan membantu mengatasi ketombe. Rendam kulit jeruk segar di dalam air hangat semalaman, kemudian gunakan airnya sebagai tonik. Tuang sedikit demi sedikit pada kulit kepala, kemudian pijat-pijat selama beberapa menit.

7. Menjadikan Kulit Awet Muda
Kulit jeruk mengandung vitamin A, vitamin B, dan vitamin C yang diperlukan untuk menjaga kulit agar tetap awet muda.

8. Melindungi Kulit dari Sinar Ultra Violet
Kulit jeruk juga mengandung zat besi yang berkhasiat untuk melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar ultra violet.

9. Mengatasi Komedo
Lactic acid yang dikandung kulit jeruk tak hanya efektif untuk mengangkat kulit mati. Kandungan ini juga ampuh untuk mengatasi komedo hitam (blackheads).

10. Mengurangi Jerawat
Parutan kulit jeruk segar atau kulit jeruk kering yang sudah dijadikan serbuk juga bisa membantu mengurangi jerawat.

11. Mengatasi Kulit Berminyak
Kulit jeruk yang sudah dilumatkan bisa menjadi campuran masker untuk kulit berminyak. Anda juga bisa merendam kulit jeruk di dalam air hangat, lalu gunakan sebagai face mist pengontrol minyak. Itulah manfaat-manfaat kulit jeruk untuk kecantikan. (mdk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here