Kebakaran TPA Punggur Diduga akibat Pengaruh Cuaca Ekstrem

Batam, Kabarbatam.com– Kebakaran hebat di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Punggur, Kel. Kabil, Kec. Nongsa yang terjadi pada Kamis malam (15/8/2019) diduga akibat pengaruh cuaca panas yang ekstrem. 

Kapolsek Nongsa Kompol Albert Perwira Sihite, S.H., S.I.K saat dikonfirmasi mengatakan bahwa

“Kebakaran ini karena pengaruh cuaca, yang mana dalam beberapa bulan ini cuaca panasnya cukup ekstrem,” ungkap Sihite, di ruang kerjanya di Polsek Nongsa, Jumat (16/8/2019).

Saat kejadian, seorang saksi yang saat itu sedang mengais mencari sampah dikejutkan ketika melihat ada api. “Kemungkinan ada gesekan dari sampah yang sumbernya di pengaruhi dari cuaca panas yang ekstrim,” ungkapnya.

“Selama saya di sini sudah dua kali kejadian kebakaran seperti ini. Namun kita tidak bisa menuduh seseorang yang menyebabkan kebakaran ini terjadi,” ungkap Sihite. 

Sihite menambahkan, pihaknya tidak serta merta langsung menuduh orang yang ada di TPA Punggur sebagai pelaku pembakaran. “Banyak pemulung yang datang, merokok sambil mengais sampah mencari rezeki di sana,” ujarnya.

“Kalau dilihat dari situasi dan kondisi cuaca ekstrim, sementara jangkauan lokasi TPA di situ banyak tumpukan sampah,” tambahnya. 

Pihaknya memghimbau para pemulung agar tidak merokok dan membuang puntung rokok di lokasi TPA. Karena puntung rokok juga diduga bisa memicu terjadinya kebakaran. 

“Untuk masyarakat agar dapat bersabar karena kebakaran tersebut mengakibatkan adanya asap yang timbul di daerah pemukiman warga,” tutupnya. (Yun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here