Komisi I DPRD Batam Soroti Pelayanan di Pelabuhan Pelni Batuampar

Suasana di Pelabuhan Batuampar, Batam. (Foto: tribunnewsbatam.com)

Batam, Kabarbatam.com– Komisi I DPRD Kota Batam menyoroti pemandangan di Pelabuhan PT Pelni di Batuampar Batam. Dewan meminta agar pengelola pelabuhan menata kawasan pelabuhan lebih baik agar ramah bagi penumpang.

Demikian disampaikan Anggota Komisi I DPRD Kota Batam Tohap Erikson Pasaribu. Tohap menilai, Pelabuhan PT Pelni di kawasan Batuampar Batam kurang memadai. Baik dari segi fasilitas, maupun sarana prasarana yang ada di sana.

“Kami minta agar ini dicarikan solusi bersama, karena agak kurang humanis. Di sana ada kegiatan bongkar muat yang kita khawatirkan dapat mengganggu kenyamanan penumpang kapal Pelni. Padahal kita ketahui bahwa Pelni wajib memberi kenyamanan bagi penumpang,” kata Tohap, Rabu (2/10/2019).

Ia meminta agar pengelola pelabuhan agar menata dengan baik pelabuhan Pelni. “Fasilitas di sana harus benar-benar diperhatikan lagi agar masyarakat dan penumpang nyaman,” ujarnya.

Komisi I DPRD Batam, sambung, Tohap serius menyikapi hal ini. Komisi I DPRD Batam membidani hukum dan pemerintah. Untuk menyikapi hal ini, pimpinan Komisi I DPRD beserta anggota dan termasuk dirinya telah menememui pihak Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Batam.

“Kami bersilaturahmi. Kami mempertanyakan komitmen kenyamanan pelabuhan itu terhadap penumpang. Hal ini juga sudah saya kritisi beberapa waktu lalu melalui laman Facebook saya. Karena memang kurang layak. Resiko sangat tinggi. Karena bersentuhan dengan kegiatan bongkar muat. Kita tinggal menunggu waktu saja jika tak ditangani secepatnya,” ujarnya.

Sebelum pindah ke Pelabuhan Batuampar, pelabuhan PT Pelni berada di Pelabuhan Beton Sekupang. Tohap meminta, jika tak memungkinkan lagi di Batuampar harus dibalikin ke lokasi semula di Sekupang. (adi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here