Melawan Lupa, Pegawai Pemko Batam Tanding Baca Pembukaan UUD 1945

Batam, Kabarbatam.com– Sebanyak 68 pegawai di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Batam mengikuti pertandingan membaca Pembukaan UUD 1945 dan Panca Prasetya Korpri. 

Lomba tersebut diadakan di Aula Kantor Walikota Batam, Rabu (13/11/2019). Kegiatan ini merupakan rangkaian HUT ke-48 Korpri.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin saat membuka lomba mengatakan, perayaan ulang tahun Korpri tahun ini sangat luar biasa. Perlombaan yang digelar lebih banyak dan beragam. Tak sekadar olahraga dan seni, tapi juga menyangkut pada Panca Prasetya Korpri.

“Lomba seperti ini perlu dilaksanakan untuk mengingat kembali Pembukaan UUD 1945 dan Panca Prasetya Korpri. Mungkin pegawai banyak yang lupa. Maka perlu diingatkan kembali. Mungkin ke depan Panca Prasetya Korpri ini kita usulkan untuk dibaca di setiap apel Senin,” tuturnya.

Koordinator lomba pembacaan UUD 1945 dan Panca Prasetya Korpri, Herman Rozie mengatakan, peserta berasal dari 39 organisasi perangkat daerah (OPD). Lomba berlangsung selama satu hari.

Adapun penilaiannya meliputi penguasaan isi pembukaan UUD tahun 1945 dan Panca Prasetya Korpri serta penjiwaan atau ekspresi. Selanjutnya intonasi suara, jangkauan suara, kualitas suara, dan teknik.

“Ketepatan nada atau intonasi juga kita nilai. Termasuk kejelasan ucapan atau artikulasi. Serta penampilan pakaian, sikap, dan fisik,” kata Herman.

Ketua panitia HUT ke-48 Korpri, Ardiwinata mengatakan lomba pembacaan UUD 1945 dan Panca Prasetya Korpri ini hanyalah satu dari beberapa agenda pertandingan antar OPD. Lomba lainnya yakni futsal, badminton, dan tenis meja. Kemudian paduan suara Mars Korpri dan pertandingan domino antar pegawai.

“Aula Kantor Walikota Batam sebagai venue lomba pembacaan pembukaan UUD 1945 dan Panca Prasetya Korpri, serta domino. Kemudian futsal di Ikan Daun, GOR Orchid untuk lomba badminton, serta Mega Mall untuk lomba mars Korpri dan tenis meja. Kita coba mengenalkan Korpri ke masyarakat dengan menggelar event di mal,” tutur Ardi.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam ini mengatakan total hadiah yang diperebutkan adalah Rp97 juta. Selain itu peserta juga akan memperebutkan Piala Bergilir Korpri untuk pertama kalinya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here