Lingga, KABARBATAM.com – Musim hujan yang tengah berlangsung saat ini membuat masyarakat harus lebih waspada terhadap kesehatan dengan menjaga kebersihan lingkungan. Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Lingga melalui Seksi Pemberantasan Penyakit Menular (P2M) mengimbau agar masyarakat waspada penyakit Demam Berdarah (DBD).

Kasi Pemberantasan Penyakit Menular (P2M) Dinkes Lingga, Adhe Permanna Putra, mengatakan walaupun ini masalah klasik yang selalu datang saat musim hujan, namun tetap perlu diwaspadai.

Untuk pencegahan DBD dan terbebas dari penularan, tidak cukup jika hanya imbauan pemerintah saja, tapi yang terpenting kesadaran langsung dari masyarakatnya.

“Memerlukan peran kita semua, apakah kita siap untuk itu, menjalankan prilaku 3M yaitu Menguras bak mandi, Menutup wadah penampung air dan Mengubur barang bekas,” kata Adhe, Jumat (15/11/2019).

Menurut Adhe, pada musim hujan populasi nyamuk demam berdarah meningkat karena banyaknya tempat berinduk Nyamuk Aedes Aegypti sehingga nyamuk tersebut mudah berkembang, dan semakin potensial menggigit anak dan remaja sehingga akhirnya terjangkit demam berdarah.

“Meski demikian, kondisi tersebut dapat dicegah jika kita bisa menutup sumber-sumber genangan air pada lingkungan rumah. Selain itu, menguras dan menyikat bak mandi dan menaburkan bubuk abate tempat yang ada genangan air,” kata Adhe.

Lebih lanjut dikatakan Adhe, untuk mendapati bubuk Abate masyarakat dapat memintanya di Puskesmas wilayah setempat secara gratis, lalu bubuhkan bubuk abate ke tempat-tempat yang menampung air seperti gentong air, vas bunga, kolam, dan sejenisnya.

“Selain genangan air yang menjadi tempat berkembang biak, lingkungan kotor setelah banjir juga menjadi lingkungan favorit bagi para nyamuk. Sehingga dibutuhkan kesadaran bersama untuk membersihkan lingkungan agar terhindar dari demam berdarah,” kata Adhe.

Jika faktor lingkungan sudah bersih, juga tak kalah pentingnya menjaga asupan makanan yang kaya nutrisi dan vitamin guna membantu meningkatkan daya tahan tubuh.(Fikri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here