Floating Dock 9000 TLC Buatan PT Bandar Abadi Resmi Diluncurkan

Batam, kabarbatam.com – Untuk kali pertamanya, PT Bandar Abadi Ship Builder And Dry-Docks luncurkan kapal dengan jenis Floating Dock 9000 TLC Hull – 288 milik PT Dok & Perkapalan Kodja Bahari (Persero), Kamis (28/11).

Direktur PT Bandar Abadi Ship Builder And Dry-Docks, Maslina Simanjuntak mengungkapkan satu unit dok apung itu dipesan oleh PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari (Persero). Dengan nilai kontrak sebesar Rp200 miliar lebih, kapal itu pun dikerjakan dengan masa pengerjaan selama 14 bulan.

“Kapal itu memiliki panjang 152 meter, lebar 42 meter, tinggi 13 meter dapat mengangkut kapal seberat 9000 ton,” terangnya.

Dijelaskannya, floating dock itu adalah sebuah bangunan konstruksi berupa ponton-ponton yang dilengkapi dengan katup pengangkat, pompa- pompa air dan perlengkapan tambat serta perlengkapan reparasi kapal. Di mana konstruksi ini dapat ditenggelamkan atau diapungkan dalam arah vertikal.

“Keberhasilan pembangunan kapal ini juga menjadi bukti kemampuan putra-putri Indonesia untuk memberikan kontribusinya dalam penguasaan bidang teknologi perkapalan nasional. Selain itu juga sebagai bukti gairah galangan kapal di Kota Batam kembali menguat,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here