LinkAja Permudah Transaksi Elektronik Pemesanan Tiket di Marlin Booking

Batam, Kabarbatam.com– Sistem pembayaran digital moda transportasi sudah semakin gencar dilakukan beberapa tahun terakhir demi menunjang kemudahan transaksi yang aman dan nyaman. 

Setelah sebelumnya LinkAja hadir sebagai opsi sumber pembayaran pada aplikasi pemesanan tiket transportasi darat dan udara, kini LinkAja bekerja sama dengan Marlin Booking, aplikasi pemenang Telkomsel The NextDev 2017, yang berfokus pada digitalisasi pelabuhan dan operator kapal feri. 

Kerja sama ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi pengguna aplikasi untuk memesan tiket dan melakukan pembayaran secara elektronik.

Aplikasi Marlin Booking meliputi layanan pemesanan tiket kapal online, sistem e-ticketing, dan pengembangan aplikasi mobile untuk operator feri, yang akan membantu pengguna untuk bepergian menuju pelabuhan – pelabuhan rute domestik maupun internasional. 

Untuk harga tiket yang ditawarkan cukup bervariatif, dimulai dari kisaran Rp100,000 untuk rute domestik dan kisaran Rp300,000 untuk rute Internasional.

Selain menyediakan tiket untuk penyeberangan kapal, pengguna dapat memesan tiket atraksi dan melakukan transkasi secara digital dengan LinkAja untuk hiburan domestik maupun mancanegara seperti Waterbom Bali, Universal Studio di Singapura, maupun hiburan – hiburan menarik lainnya di negara Malaysia, Korea, Thailand, Australia, Macau, Hongkong, Filipina, dan Jepang.

Haryati Lawidjaja, Direktur Operasi LinkAja mengatakan, “Kami sangat antusias dengan kerja sama strategis ini. Hadirnya LinkAja sebagai salah satu opsi pembayaran nontunai pada aplikasi Marlin Booking sejalan dengan komitmen LinkAja untuk memperluas akses digitalisasi transaksi pada berbagai lini transportasi publik, yang menjadi use case utama kami,” ungkap Haryati.

Haryati mengatakan, kemudahan transaksi elektronik untuk pemesanan tiket kapal feri diharapkan dapat secara bertahap mengubah kebiasaan pengguna dalam pembayaran tiket, dari metode offline melalui pembelian tunai di loket, menjadi transaksi nontunai  pada proses booking tiket di aplikasi yang lebih nyaman, aman, dan mudah. 

“Sebagai uang elektronik nasional, LinkAja akan terus mengembangkan kerja sama dengan berbagai partner strategis dalam rangka mendukung percepatan Gerakan Nasional Non Tunai di Indonesia,” paparnya.

Penggunaan LinkAja sebagai opsi pembayaran di aplikasi Marlin Booking sudah dapat dilakukan sejak 1 November 2019. Hingga 31 Desember 2019, terdapat cashback menarik sebesar 30% dengan maksimal nominal Rp 20,000 untuk satu kali transaksi per pelanggan per bulan. 

Untuk memudahkan para pengguna kapal feri dalam mengisi saldo LinkAja, terdapat experience booth di Harbour Bay Batam, sehingga para pengguna dapat bertransaksi untuk melakukan pembayaran di aplikasi Marlin Booking. 

Selain itu, terdapat ratusan titik transaksi yang memungkinkan para pengguna LinkAja untuk mengisi saldo dan menarik tunai di berbagai modern retail seperti Alfamart, Circle K, Indomaret, Grapari Telkomsel, Bank Himbara (Himpunan Bank Milik Negara), ATM Link Himbara, jaringan ATM Bersama, dan ATM BCA yang tersebar di seluruh kota Batam.

Kepala Kominfo Kota Batam, Salim mengapresiasi kerja sama yang dilakukan Linkaja dengan Marlin Booking. Kerja sama strategis ini akan semakin memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi, khususnya dalam layanan pembelian tiket maupun e-ticketing. 

“Kami mengucapkan selamat dan menyambut baik kerja sama ini. Dengan mobilitas masyarakat yang makin tinggi saat ini akan semakin memudahkan mereka, terutama bagi masyarakat yang ingin membeli tiket secara non tunai, menggunakan layanan Linkaja,” ujarnya. 

Dalam kesempatan tersebut hadir juga perwakilan dari KSOP Tanjungbalai Karimunn dan instansi terkait. Acara juga dilanjutkan dengan simulasi pembelian tiket menggunakan Linkaja di platform Marlin Booking. (war)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here