Telkomsel Sukses Uji Coba Jaringan 5G di Batam

Batam, Kabarbatam.com– Penggunaan jaringan 5G di  Indonesia semakin mendekati kenyataan. Telkomsel, sebagai operator seluler terkemuka dan terbesar di Tanah Air sukses menguji coba penggunaan jaringan 5G di Batam. 

Ujicoba terknologi terkini tersebut digelar dalam acara bertajuk “Telkomsel 5G for Industri 4.0, Accelerating & Innovation” yang berlangsung di Gedung Telkomsel Grapari Batam, Kamis (28/11/2019).

Acting CEO Telkomsel Heri Supriadi mengatakan, ujicoba penggelaran jaringan 5G ini merupakan wujud keseriusan transformasi Telkomsel menjadi digital telco company yang terus bergerak maju dalam mengakselerasikan negeri, dengan menghadirkan teknologi terkini yang dapat mendorong perwujudan ekosistem Industri 4.0. 

“Ini merupakan bagian yang sangat penting bagi Telkomsel untuk memberikan pemanfaatan yang nyata, terutama bagi industri di era Revolusi Industri 4.0, untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi, sekaligus memperkuat daya saing bangsa,” ungkapnya. 

Keberhasilan Telkomsel menggelar uji coba jaringan 5G di Batam, ungkap Heri, tak lepas dari dukungan seluruh stakeholders, dalam hal ini para mitra Telkomsel dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI.

“Pertama kali kami sebelumnya sudah menghadirkan jaringan 5G dalam iven Asean Games beberapa waktu lalu, dan hari ini kami secara resmi menguji kemampuan jaringan ini di Batam,” kata Heri.

“Kami mendapatkan dukungan besar dari Kementerian Kominfo sehingga Telkomsel hari ini berhasil menggelar uji coba jaringan 5G di Batam,” tambah Heri. 

Heri mengungkapkan, Batam sangat relevan sebagai tempat penggelaran dan peluncuran jaringan 5G di Indonesia. “Kami memilih Batam karena Telkomsel memiliki sejarah di Batam, pertama kita mulai (berdirinya Telkomsel) dari sini. Batam punya arti sebagai kota kelahiran kita. Kedua, kota ini juga relevan untuk industri dan gerbang perdagangan internasional, dan juga strategis dekat dengan Singapura,” Heri.

Dirjen Sumberdaya dan Perangkat Pos dan Informatika Kominfo, Dr Ir Ismail MT, menyampaikan ucapan selamat kepada Telkomsel atas keberhasilan uji coba jaringan 5G di Indonesia. 

“Selamat, Telkomsel telah memulai babak baru, dengan cepat dan smart telah melakukan peluncuran dan penggelaran jaringan 5G di Indonesia,” ungkapnya.

Ismail mengatakan, penggunaan jaringan 5G ini sudah semakin nyata, mengingat beberapa negara juga sudah mulai melakukan hal yang sama. 

“Kami dalam hal ini Kemenkominfo sangat mendukung pemanfaatan jaringam 5G yang dihadirkan Telkomsel, dengan alokasi frekuensi yang diberikan sehingga Telkomsel ke depan mampu menghadirkan jarungan 5G yang berkualitas,” ujarnya.

“Makin ke sini, gelombang frekuensinya makin besar. Di mulai dari analog ke 2G. Setelah itu masuk 3G. Kemudian dari 3G kita ke 4G dan sekarang 5G,” tambahnya.  

?Ismail berharap, dengan lompatan besar yang dilakukan Telkomsel dalam industri digital di Tanah Air, Indonesia mendapatkan manfaat besar dari penggunaan jaringan 5G saat mulai diimplementasikan nantinya.

Saat jaringan 5G ini resmi digunakan, kita berharap inovasi lahir dari Indonesia sendiri. Banyak yang menunggu 5G ini, misalnya di bidang pendidikan butuh kualitas pengajaran yang merata sampai pelosok Tanah Air. Selain itu juga bidang kesehatan, ekonomi, semuanya dengan 5G dapat efek multiplier,” ujar Ismail.

Direktur Planning and Transformation Telkomsel Edward Ying mengatakan, akan ada banyak keuntungan dan pemanfaatan jaringan 5 nantinya.

“Dengan sampai 20 Gbps, artinya koneksi juga lebih cepat, streaming juga jadi lebih baik. 5G bisa membawakan kita kesempatan untuk teknologi mobil otonom, drone, hiburan, smart factory dan smart city,” kata Edward.

Penggelaran uji coba jaringan 5G di Batam juga dihadiri Plt Gubernur Kepulauan Riau H Isdianto, beserta para pimpinan Telkomsel, Telkom, dan juga perwakilan dari Ericsson beserta jajarannya. (war)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here