Fauzi Bahar, Mantan Kopaska TNI yang Melirik Maritim Kepri agar Dikelola Lebih Baik

Batam, Kabarbatam.com– Bakal calon Wakil Gubernur Kepri Fauzi Bahar menyatakan komitmennya maju di Pemilihan Calon Gubernur (Pilgub) Kepri 2020 mendatang. 

Mantan Walikota Padang dua periode ini telah mendaftar di beberapa partai politik (Parpol) di Batam. Di antaranya Partai Nasdem, Partai Gerindra, dan Partai Golkar. 

Setelah mendaftar di tiga partai tersebut, Fauzi Bahar juga menyatakan keinginannya melakukan komunikasi politik dan pendaftaran di Partai Demokrat. 

Selama berada di Batam, Fauzi intens bertemu dan melakukan silaturahmi dengan masyarakat Batam. Fauzi juga safari ke beberapa tempat di Batam dan bertemu dengan warg. 

“Selama di Batam kami rutin melakukan silaturahmi dengan masyarakat dan paguyuban yang ada di Batam,” ujar Fauzi. Kunjungan dan silaturahmi ini dimaksudkan agar warga Batam lebih banyak lagi mengenal figur Fauzi Bahar sebagai bakal calon Wakil Gubernur Kepri.

Saat ini belum banyak calon maupun figur yang menyatakan niat maju sebagai calon Wakil Gubernur Kepri. Ada beberapa nama lain yang disebut juga berpeluang maju sebagai wakil gubernur, seperti Sahrul, Walikota Tanjungpinang dan Aunur Rafiq, Bupati Karimun. 

“Kami fokus pada pencalonan sebagai Wakil Gubernur Kepri. Kami susah melakukan komunikasi dengan beberapa partai politik dan juga tokoh-tokoh di partai politik maupun tokoh masyarakat dan paguyuban dan komunitas masyarakat Batam lainnya,” ungkap Fauzi Bahar.

Sekadar diketahui, Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau  (Kepri) akan digelar tahun depan. Sejumlan nama kandidat calon mulai mencuat. Satu di antaranya, Fauzi Bahar. 

Mantan perwira TNI AL ini menyatakan kesiapannya maju di Pilgub Kepri 2020. Bukan kursi Gubernur yang dilirik, melainkan kursi Wakil Gubernur atau orang nomor dua. 

“Secara pribadi, kami maju sebagai calon wakil gubernur, dan dari segi usia masih memungkinkan bisa maju di Pilgub Kepri,” ujar Fauzi kepada Kabarbatam.com, belum lama ini.

Meski demikian, pengalaman dan latar belakang yang dimiliki Fauzi bisa membantu tugas-tugas calon gubernur. Pengalamannnya bukan saja di pemerintahan, tetapi juga pemahaman dan pengetahuannya soal maritim.

“Wilayah Kepri ini, bukan hanya majemuk, dan menjadi kawasan tujuan investasi, tetapi juga punya sumber daya alam dan maritim yang sangat luas. Tentu dibutuhkan pemahaman dalam mengelola sumber daya yang ada,” ujarnya.

Mantan Walikota Padang dua periode ini mengatakan sangat mengenal wilayah Kepulauan Riau. Bukan hanya karena memiliki latar belakang perwira TNI, tetapi juga lama menetap di Kepri. “Istri saya asli orang Kepri. Lama di Tanjungpinang, asalnya dari Kabupaten Natuna,” ujarnya.

Kepri bagi Fauzi Bahar sangatlah menarik. Wilayah ini memiliki luas lautan 96%, sisanya adalah daratan. Kepri juga berbatasan dengan 6 hingga 7 negara, sehingga potensi yang dimiliki provinsi ini sayang jika tak dikelola dengan baik. 

“Sebagai wilayah maritim, ada banyak sektor yang dapat kita kelola, selain pelabuhan atau tol laut, juga sektor pariwisata dan sektor lainnya,” ungkapnya.

Dari sisi strategi, Kepri menjadi wilayah nomor tiga dengan kekuatan militer TNI AL yang kuat setelah Surabaya dan Jakarta. Kepri memiliki enam Lanal, satu Lantamal, juga ada Guskamla, dan Dansatgaspur TNI AL. Fauzi sangat paham akan hal itu, karena ia pernah bertugas sebagai Komandan Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL. 

“Sebagai mantan navy (pasukan Angkatan Laut) , saya sangat paham akan hal ini. Latar belakang inilah yang juga mengantarkan saya untuk maju di Pilgub Kepri,” ujarnya. 

Bukan hanya untuk lebih menguatkan pertahanan wilayah, tetapi juga memudahkan koordinasi dengan pemangku kepentingan dalam upaya pencegahan dan penanggulangan tindak kejahatan di laut. (war)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here