Lingga, KABARBATAM.com – Sebagi wujud syukur dan mengagungkan maha pencipta Allah SWT atas fenomena gerhana matahari cincin, umat muslim di Kabupaten Lingga menggelar salat gerhana dan dzikir bersama di Masjid Az-Zulfa, Dabo Singkep, Kabupaten Lingga. Kamis (26/12/2019).

Masyarakat Lingga dan Polisi Salat Kusuf Bersama

Bertindak sebagai imam dalam salat kusuf atau salat gerhana Ilhamuddin selaku Sekretaris MUI (Majelis Ulama Indonesia) Lingga mengatakan, peristiwa gerhana cincin filosofinya adalah sebuah gambaran lingkaran cincin yang tidak dapat dipatahkan dan kokoh.

Masyarakat Lingga dan Polisi Salat Kusuf Bersama

“Semoga di tahun 2020 kita umat islam dan NKRI seperti cincin selalu bersatu dan dilimpahkan berkah dan lindungan oleh Allah subhanahu wa ta’ala untuk semua umat,” kata Ilhamuddin.

Sementara itu Kapolres Lingga AKBP Joko Adi Nugroho mengatakan, bahwa kegiatan salat gerhana adalah salah satu amalan yang dianjurkan dalam hadist Shahih Muslim.

Masyarakat Lingga dan Polisi Salat Kusuf Bersama

“Sungguh matahari dan bulan adalah tanda kekuasaan Allah SWT, tidak terjadi gerhana keduanya (matahari dan bulan) karena kematian seseorang atau pun kehidupannya. Apabila kalian melihat gerhana, maka sholat dan doalah hingga gerhana tersebut selesai,” kata AKBP Joko Adi.(Fikri)
























LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here