Kades Batu Kacang Sulap Limbah Tempurung Jadi Souvernir

Peni Kades Batu Kacang | Foto : Alang

Lingga, KABARBATAM.COM – Melihat limbah tempurung kelapa yang terbuang begitu saja dan gampang ditemui, Kades Batu Kacang, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga dengan segala kreatifitasnya jadikan limbang tempurung kelapa tersebut menjadi souvernir yang bernilai ekonomi.

Dari tempurung kelapa tersebut, Kades Batu Kacang yang akrab dengan panggilan bang Peni mengolahnya menjadi berbagai macam kerajinan tangan seperti asbak rokok, lampu duduk dan berbagai souvernir pernak-pernik lainnya.

“Awal mulanya timbul ide untuk mengolah tempurung kelapa ini, saya melihat tempurung kelapa masih terbuang begitu saja dan gampang ditemukan. Saya juga memang suka dan minat buat kerajinan tangan, dan saya olah jadilah seperti ini,” kata Peni, Sabtu (11/1/2020).

Peni juga mengatakan, jika hasil kerajinan tangannya pernah mengikuti pameran di luar Kabupaten Lingga, selain itu juga pernah ditawarkan untuk dipasarkan di salah satu Mall (Super market) yang ada di kota Batam.

“Kerajinan yang telah kita buat ini, pernah juga dipinjam kawan-kawan untuk mengikuti pameran di Tanjungpinang dan Batam, dan sempat ditawarkan oleh salah satu Mall di Batam, tapi mintanya dalam jumlah besar, diminta 50 buah untuk satu bulannya,” ungkap Peni.

Lanjut Peni, meski diminati oleh pihak luar, ia juga menemukan kendala, yakni pekerja, alat perkakas dan modal usaha dalam pengerjaan kerajinan tersebut.

“Untuk kendala, sementara ini kita tidak punya tenaga, modal, dan alat. Minat pemuda masih sangat kecil dalam kerajinan berbasis kreativitas,” kata Peni.

Untuk dapat melihat dan membeli hasil dari kerajinan tangan dari tempurung kelapa tersebut dapat ditemui di Kantor Desa Batu Kacang, dengan berbagai macam bentuk kerajinan dan pernak-pernik souvenir.(Fikri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here